Janu Putra Sejahtera Patok Harga IPO di Batas Bawah Rp 100 per Saham

Lona Olavia
24 November 2023, 09:48
Janu Putra Sejahtera Patok Harga IPO di Batas Bawah Rp 100 per Saham
Dokumentasi perseroan

PT Janu Putra Sejahtera Tbk dengan kode emiten AYAM mematok harga penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham senilai Rp 100. Harga tersebut merupakan batas atas dari harga penawaran awalnya di kisaran Rp 100-110 per saham.

Calon emiten yang bergerak di bidang peternakan ayam dan rumah potong ayam ini akan menerbitkan 800 juta saham atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Sehingga jumlah dana yang akan diraih AYAM dalam aksi korporasi ini adalah Rp 80 miliar.

Advertisement

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum perdana saham setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan oleh Janu Putra Sejahtera sebagai berikut:

  • Pembelian tanah di Desa Ngawi, Yogyakarta senilai Rp 40,63 miliar.
  • Pembelian tanah di Desa Tuksono, Yogyakarta dan pembangunan fasilitas hatchery baru senilai Rp 15,52 miliar.
  • Pelunasan seluruh utang usaha kepada PT Janu Putra Abadi (JPA) selaku Entitas Asosiasi Perseroan sebanyak Rp 11,53 miliar.
  • Sisanya akan digunakan untuk modal kerja. 

Usai IPO, mulai tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2024 dan seterusnya, perseroan akan membagikan dividen tunai secara kas sebanyak-banyaknya 25% dari laba bersih perseroan.

Sementara pada 2022 perseroan telah melakukan pembagian dividen saham berdasarkan pernyataan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan perseroan 28 Desember 2022 sebanyak Rp 55 miliar atau Rp 343.750 per saham. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement