Multistrada Bidik Kenaikan Penjualan Ban, Ini Strateginya
Emiten produsen ban, PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) memproyeksikan penjualan bersih secara keseluruhan meningkat di tahun ini. MASA juga mengembangkan portofolio produk di pasar domestik, baik melalui produk lama maupun produk baru.
Presiden Direktur Multistrada Arah Sarana, Sai Banu Ramani mengatakan, meskipun penjualan ban mobil penumpang dan ban sepeda motor pada 2023 turun, MASA masih mencatatkan peningkatan total pendapatan dan penjualan sebesar US$ 489 juta. Angka tersebut meningkat 5% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Sai mengatakan pencapaian kinerja positif itu tak lepas dari strategi utama perusahaan. Hal itu dengan memastikan keberlangsungan bisnis dengan mengoptimalkan peluang pemasaran, meningkatkan penawaran produk, serta menyesuaikan bauran produk guna beradaptasi dengan permintaan pasar.
Ia mengatakan MASA akan tetap fokus pada strategi yang sama di tahun 2024. Sai optimistis tren positif perusahaan akan terus berlanjut.
“Didukung oleh portofolio produk yang cukup lengkap, baik untuk pasar domestik maupun ekspor yaitu Michelin, BF Goodrich, Uniroyal, dan Corsa” kata Sai Banu Ramani dalam Paparan Publik dan laporan kinerja tahun 2023, Rabu (15/5).
Selain itu, perusahaan melaporkan volume penjualan sebesar 6,09 juta unit ban mobil dan 2,08 juta unit ban sepeda motor. Total pendapatan bersih yang diperoleh dari penjualan mencapai US$ 489 juta dengan margin bersih yang meningkat 4% dibandingkan tahun sebelumnya.
Catatan positif juga tercatat pada distribusi penjualan bersih di kuartal pertama tahun 2024, dengan peningkatan penjualan sebesar 8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Peningkatan ini dipengaruhi oleh kontribusi penjualan di wilayah Amerika yang naik 14%. Dengan demikian, laba kotor perusahaan meningkat sebesar 9%.