BRI Rebranding: Transformasi jadi Bank Universal Modern dan Luncurkan Logo Baru

Karunia Putri
16 Desember 2025, 17:53
BRI
Katadata/ karunia putri
Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Hery Gunardi dalam peluncuran logo baru BRI, Selasa (16/12)
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melakukan rebranding logo bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-130 pada Selasa (16/12). Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Hery Gunardi mengatakan, rebranding ini dilakukan agar perseroan tetap relevan dengan perkembangan zaman dan mampu bertransformasi menjadi bank universal yang lebih modern.

Logo baru tersebut tampil dengan nuansa yang lebih modern. Tulisan “BRI” menggunakan warna biru yang lebih cerah dibandingkan logo sebelumnya yang berwarna biru gelap. Di bagian bawah logo juga disematkan kembali tagline “Bank Rakyat Indonesia”.

“Untuk melanjutkan perjalanan yang progresif, BRI akan melakukan transformasi dari sisi bisnis, sumber daya manusia, hingga budaya perusahaan,” kata Hery dalam agenda Launching BRI Corporate Rebranding di Menara BRILiaN, Selasa (16/12).

Dalam rebranding ini, perseroan juga menetapkan tiga warna korporasi utama, yakni Nusantara Blue, Mentari Blue dan Cakrawala Blue. Ketiga warna tersebut akan digunakan sesuai dengan medium dan latar yang digunakan BRI, menggantikan corporate color yang sebelumnya, yaitu biru dan oranye.

Hery menjelaskan, terdapat tujuh insight utama berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kantar, Kadence, dan Nielsen yang melatarbelakangi rebranding ini. Pertama, BRI dinilai sebagai bank yang tepercaya dan mudah diakses, namun masih terlalu bergantung pada citra “merakyat”. Kedua, muncul persepsi sebagai bank “tua” di kalangan masyarakat urban dan generasi muda. 

Ketiga, layanan digital yang ada belum dianggap aspiratif. Keempat, koneksi emosional antara brand dan nasabah masih lemah. Kelima, identitas merek belum sepenuhnya selaras dengan ekspektasi Gen Z. Keenam, terdapat ketidaksinkronan sistemik dalam pengelolaan brand. Ketujuh, less considered di segmen urban masih rendah, terutama untuk bisnis konsumer kecil dan menengah.

Empat warna baru BRI setelah umumkan rebranding logo, Selasa (16/12)
Empat warna baru BRI setelah umumkan rebranding logo, Selasa (16/12) (Katadata / Karunia Putri)

Melalui rebranding ini, perseroan ingin mengubah persepsi publik bahwa BRI bukan hanya bank untuk masyarakat kecil atau segmen yang kurang terlayani, melainkan bank universal yang melayani seluruh segmen.

Dalam transformasi tersebut, perusahaan tetap memegang lima nilai utama, yakni integritas, kolaborasi, kapabilitas, growth mindset, dan fokus pada pelanggan. Di sisi bisnis, perseroan juga terus memperkuat struktur pendanaan serta funding franchise, dengan kredit tetap menjadi bisnis inti, khususnya di segmen mikro.

Sejalan dengan itu, Kepala Badan Pengaturan Badan Usaha Milik Negara (BP BUMN) Dony Oskaria menegaskan bahwa perubahan ini tidak sekadar soal logo atau tampilan visual.

“Ini bukan hanya perubahan logo, tetapi perubahan pola pikir, perilaku, dan cara mengelola perusahaan. Tidak boleh ada sekat antara manajemen dan pekerja. Semua harus menyatu sebagai satu keluarga besar dengan tujuan yang sama,” ujar Dony.

Ia menyatakan, momentum rebranding ini diharapkan menjadi perubahan yang substantif dan menyeluruh dalam seluruh aspek pengelolaan perusahaan.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Karunia Putri

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...