BNI Targetkan Transaksi TapCash Naik 60% Tahun Ini

 Zahwa Madjid
24 April 2023, 16:15
BNI Targetkan Transaksi TapCash Naik 60% Tahun Ini
instagram.com/bni46/
TapCash BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) memprediksi akan ada peningkatan yang signifikan untuk pemakaian kartu elektronik TapCash sepanjang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

“BNI memperkirakan volume penggunaan kartu TapCash akan meningkat di berbagai sarana transportasi yang digunakan untuk mudik seperti jalan tol, kereta listrik, maupun tempat parkir,” kata Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo dikutip dari Antara, Senin (24/4). 

Hari raya menjadi momen bagi masyarakat yang tinggal di ibu kota untuk pulang ke kampung halaman di berbagai daerah dan diprediksi akan mendorong banyak transaksi kartu elektronik untuk beragam pembayaran non tunai. Baik saat di perjalanan maupun setelah sampai.

 “BNI terus memastikan infrastruktur yang dimiliki siap untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi maupun untuk isi ulang saldo TapCash,” imbuh Okki. 

Selain itu, perseroan juga memperkirakan peningkatan transaksi TapCash di berbagai merchant pendukung seperti minimarket.

Sebagai informasi, hingga Maret 2023 transaksi kartu TapCash meningkat sebesar 50% secara tahunan. Peningkatan transaksi ini terjadi karena beberapa faktor pendukung.

Pertama, BNI baru merilis TapCash edisi spesial boyband asal Korea Selatan, NCT 127, seiring dengan animo yang sangat besar dari komunitas K-Pop di Indonesia. Kedua, BNI melakukan ekspansi ke berbagai merchant baru seperti F&B maupun entertainment. 

Pada tahun ini, perseroan menargetkan TapCash tidak hanya aktif digunakan di jalan tol saja, juga aktif digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti pembayaran parkir.

Untuk memaksimalkan fungsi dari produk TapCash BNI, perseroan telah melakukan serangkaian pengembangan untuk TapCash, seperti pemberian kemudahan dalam melakukan TopUp melalui aplikasi di ponsel pribadi. Dengan serangkaian terobosan itu, Okki meyakini transaksi TapCash akan meningkat lebih dari 60% pada di tahun ini.

"Terlebih, kami saat ini tengah melakukan ekspansi co-branding dengan berbagai lembaga perbankan daerah (BPD) maupun dompet digital. Tentunya, melalui ekspansi ini BNI berperan sebagai enabler transaksi TapCash untuk berbagai lembaga perbankan daerah tersebut," ujarnya.

Reporter: Zahwa Madjid

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...