Kinerja BRI di Bawah Kepemimpinan Sunarso

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
21 Desember 2023, 09:57
Dirut BRI Sunarso melakukan berbagai transformasi untuk menjaga kinerja positif perseroan.
BRI
Direktur Utama BRI Sunarso

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sunarso dinobatkan sebagai Maestro CEO of The Year pada ajang CNBC Indonesia Awards 2023. Selain itu, BRI dianugerahi sebagai Most Profitable Bank with Best Good Corporate Governance.

Pencapaian ini tak lepas dari sepak terjang Sunarso sebagai pemimpin perseroan di tengah tantangan krisis. Sunarso menginisiasi transformasi di BRI sejak tahun 2016 dengan fokus pada area digital dan budaya. BRI pun sukses bertransformasi dan tumbuh berkelanjutan.

Krisis yang disebabkan pandemi COVID-19 menjadi momentum BRI untuk mempercepat dan mempertajam transformasi perusahaan. Sunarso mengatakan, pandemi merupakan titik balik transformasi BRI menjadi BRIvolution 2.0, untuk mencapai visi “grup perbankan paling berharga di Asia Tenggara dan juara inklusi keuangan tahun 2025”.

Hal itu dilakukan dengan pendirian holding Ultra Mikro (UMi) sebagai sumber pertumbuhan baru, mengakselerasi pertumbuhan dana murah, dan mempercepat transformasi digital dengan tranformasi budaya. Transformasi digital dilakukan untuk tujuan efisiensi melalui digitalisasi proses bisnis, dan menciptakan value baru melalui model bisnis baru.

Contoh efisiensi digitalissi proses bisnis adalah dengan pembentukan BRISPOT, sebuah aplikasi pemrosesan kredit melalui mobile yang digunakan oleh tenaga pemasar BRI. Dengan BRISPOT, proses booking kredit mikro meningkat, dari rata-rata Rp2,5 triliun per bulan menjadi lebih dari Rp4 triliun per bulan.

“Selain itu, proses kredit menjadi jauh lebih cepat. Dari sebelumnya membutuhkan waktu dua minggu, menjadi rata-rata dua hari, bahkan dapat lebih cepat,” kata Sunarso dalam siaran pers, dikutip Kamis (21/12).

Keberhasilan model bisnis baru dari transformasi digital BRI adalah layanan AgenBRILink. Hingga akhir September 2023, BRI telah memiliki 698 ribu agen di berbagai wilayah di Indonesia. Agen-agen tersebut melayani transaksi finansial dengan volume transaksi mencapai Rp1,04 kuadriliun dalam waktu sembilan bulan.

Di samping itu, BRI juga memiliki super-apps BRImo yang hingga September 2023 volume transaksinya telah mencapai Rp2,98 kuadriliun. Adapun jumlah pengguna BRImo telah mencapai 29,8 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...