Telkomsel Gaet Katadata Terbitkan Riset Berkala Soal Ekonomi RI

 Zahwa Madjid
9 Februari 2023, 11:50
Telkomsel Gaet Katadata Terbitkan Riset Berkala Soal Ekonomi RI
Muhammad Zaenuddin|Katadata
CEO Katadata Metta Dharmasaputra (kiri) dan CEO Telkomsel Hendri Mulya Syam (kanan) melkukan sesi foto bersama saat penandatanganan perjanjian kerja sama kolaborasi tSurvey dan Katadata dalam mewujudkan layanan riset berbasis data dan hasil riset di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (9/2).

PT Telkomsel Indonesia melalui tSurvey.id menjalin kerja sama dengan Katadata untuk memperluas jangkauan platform survei digital. Dalam sinergi tersebut, Telkomsel dan Katadata berencana membuat studi berkala terkait perekonomian Indonesia.

Co Founder dan CEO Katadata, Metta Dharmasaputra mengatakan kolaborasi dengan tSurvey dapat menghasilkan berbagai riset, salah satunya mengenai indeks kepercayaan konsumen. 

“Kami ingin membuat sesuatu yang impactful untuk Indonesia. Hasil survei dan datanya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dalam pembuatan kebijakan berbasis data,” ujar Metta dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama tSurvey dan Katadata dalam Mewujudkan Layanan Riset Berbasis Data dan Publikasinya, Kamis di Jakarta (9/2).

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan melalui kolaborasi bersama Katadata, Telkomsel meyakini dapat memperluas dampak positif yang tSurvey.id ciptakan terhadap budaya pengambilan keputusan berbasis data digital di Indonesia. 

“Kami percaya kemitraan strategis dengan Katadata akan memperkuat kapabilitas tSurvey.id dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi industri dan masyarakat Indonesia,” kata Hendri dalam kesempatan yang sama.

Peresmian kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tSurvey dan Katadata dalam Mewujudkan Layanan Riset Berbasis Data dan Publikasinya hari ini, Kamis (9/2).

Hingga Desember 2022, tSurvey.id telah menyebarkan lebih dari 100 survei, mengumpulkan lebih dari 1.000 jawaban, dan melibatkan lebih dari 180.000 responden.

Dengan telco data insight dari hingga 160 juta pelanggan Telkomsel sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profiling yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survei yang user-friendly. 

tSurvey.id dapat berperan sebagai mitra strategis bagi pelaku riset dalam mengembangkan produk dan strategi berdasarkan insight yang terkumpul dari pelanggan Telkomsel se-Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk.

Vice President of Data Solutions, Alfian Manulang mengatakan tSurvey.id bersama Katadata berencana untuk mengadakan studi berkala perekonomian Indonesia. 

Adapun pertanyaan dirancang akan menyesuaikan dengan gambaran situasi ekonomi Tanah Air. Seperti, pengukuran daya beli, sensivitas harga, dan optimisme lapangan kerja.

“Harapannya dapat menjadi standar acuan ekonomi Indonesia, jangkauan luas tSurvey mempermudah kami untuk mendapatkan responden di 34 provinsi sehingga hasil studi akan representatif,” ujar Alfian.

Reporter: Zahwa Madjid

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...