Kabar Duka, Pendiri Kalbe Farma Boenjamin Setiawan Meninggal Dunia

 Zahwa Madjid
4 April 2023, 17:55
Boenjamin Setiawan
Istimewa
Boenjamin Setiawan

Pendiri PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), Boenjamin Setiawan meninggal dunia di usianya ke-90 tahun. Manajemen Kalbe Farma turut memberi konfirmasi atas berita duka ini.

“Iya benar, berpulang hari ini, Selasa pukul 08.05 WIB,” kata Direktur Kalbe Farma Bernadus Karmin Winata ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (4/4). 

Advertisement

Jenazah  Boenjamin Setiawan rencananya akan dimakamkan di Sandiego Hill, Karawang, pada Sabtu (8/4). 

Sebagai informasi, pria yang disapa Dr. Boen mendirikan Kalbe Farma pada 1966. Dari perusahaan farmasi, emiten berkode KLBF itu melebarkan sayap bisnisnya ke sektor lain seperti makanan kesehatan, bisnis pengepakan, distribusi, pergudangan, sarana riset modern, pendidikan (Kalbis Institute), dan rumah sakit.

Boenjamin Setiawan mendapatkan gelar dokter di Universitas Indonesia. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya dan mendapatkan gelar PhD di UCSF Medical Center.

Sebelum terjun ke bidang bisnis mendirikan Kalbe Farma, Boenjamin sempat mengajar sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia selama beberapa tahun.

Boenjamin juga masuk daftar jajaran 50 orang terkaya di Indonesia pada 2022 lalu menurut Forbes dengan jumlah kekayaan bersih mencapai US$ 4,8 miliar atau setara Rp 72 triliun. 

Perusahaan yang didirikannya, Kalbe Farma melantai perdana di bursa saham pada 30 Juli 1991 silam. Sampai dengan periode September 2022, perusahaan tercatat meraup laba bersih senilai Rp 2,49 triliun dengan pendapatan senilai Rp 21,18 triliun. 

Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement