Multi Medika Bidik Kenaikan Penjualan 40%, Ini Tiga Fokus Bisnisnya
Emiten bidang kesehatan dan kecantikan, PT Multi Medika Internasional Tbk (MMIX) menargetkan kenaikan penjualan hingga 40% pada 2023.
Seiring dengan target tersebut, Direktur Multi Medika International Eveline Susanto mengatakan penjualan perseroan ditopang tiga kategori. Tiga kategori tersebut yaitu food and beverages (F&B), kosmetik, dan fast-moving consumer goods (FMCG).
"Tiga kategori produk baru menggunakan lisensi kelayakan intelektual atau IP," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (14/7).
Pada kesempatan yang sama, CEO & Founder MMIX Mengky Mangarek mengatakan raihan penjualan pada kuartal kedua 2023 akan menyentuh Rp 92 miliar dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama Rp 82 miliar.
"Keuangan perseroan di kuartal II 2023 akan lebih baik dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama atau pun keuangan pada kuartal I 2022," tuturnya.
Mengky menyebut pendapatan perusahaan berasal dari penjualan masker varian BT21 hingga 42%. Lalu dikontribusi dari perolehan penjualan produk reguler 36%. Sementara sisanya berasal dari penjualan merchandise.
Perusahaan akan tetap optimis pertumbuhan penjualan akan selalu meningkat. Walaupun, pemerintah saat ini tengah melonggarkan penggunaan masker di beberapa tempat umum misalnya seperti transportasi publik.
Adapun, berdasarkan data perdagangan, harga saham MMIX ditutup naik 1,87% ke level Rp 218 dari level harga penutupan Kamis (13/7) Rp 214 per saham. Sahamnya sempat anjlok ke level Rp 210 sebagai harga terendah, namun saham MMIX mampu bangkit.
Volume saham yang diperdagangkan tercatat 912,2 ribu dengan nilai transaksi Rp 194,75 juta. Sementara itu, frekuensi perdagangannya tercatat sebanyak 218 kali. Sementara kapitalisasi pasarnya yaitu Rp 523,22 miliar.