SKB Food Bidik 100 Outlet Baru pada 2024, Ini 5 Strateginya

Nur Hana Putri Nabila
22 November 2023, 14:44
SKB Food Bidik 100 Outlet Baru pada 2024, Ini 5 Strateginya
Katadata / Rizka Gusti Anggraini
Sebelum India, Kebab Turki Baba Rafi lebih dulu merambah delapan negara, yaitu Malaysia, Filipina, Bangladesh, Singapura, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Tiongkok, dan Belanda.\

PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) atau SKB Food, pemilik jaringan waralaba Kebab Babarafi terus mengoptimalkan bisnis food supply. Pada tahun ini telah ada 88 outlet baru.

Direktur Utama Sari Kreasi Boga, Eko Pujianto menargetkan akan ada penambahan 100 outlet baru pada 2024 mendatang. Waralaba makanan dan minuman yang dimiliki dan dikuasai oleh Sari Kreasi Boga di antaranya kebab turki babarafi, container kebab by babarafi, smokey kebab, kebab kitchen by babarafi, ayam utuh, raffi express dan ayam pul.

“Kami berkomitmen untuk tumbuh dengan menambah minimal 100 outlet dengan merek kami sendiri atau melalui kemitraan dengan UMKM lokal. Hal ini tidak hanya akan memperluas cakupan geografis, tetapi juga mendukung pertumbuhan kami di pasar lokal dan internasional,” ujarnya dalam paparan publik perseroan di Jakarta, Rabu (22/11). 

Demi mendukung hal tersebut, Eko menyampaikan akan meluncurkan lima strategi demi menyokong kinerja perseroan. 

Pertama, menambah hub distribusi bahan baku di beberapa daerah yang ada di pulau Jawa dan Sumatera. Hal itu disebabkan secara geografis kedua pulau tersebut memiliki penduduk terbesar di Indonesia sehingga perseroan akan memaksimalkan hal itu.

“Bahan baku untuk mitra kami akan tersalurkan dengan mudah dan akan semakin terjangkau untuk melayani pasar yang terus berkembang,” kata Eko.

Kedua, RAFI akan mengembangkan dan menambah fasilitas pengolahan dan perdagangan ikan untuk memenuhi segmen pasar industri. Selain itu, ketiga, perseroan akan memperbanyak kolaborasi waralaba dengan pemilik merek dan produk yang sudah dikenal dengan masyarakat luas.

Keempat, pelatihan atau training center untuk UMKM pemilik brand dan operator resto. Mewujudkan pusat pelatihan terpusat di Jakarta bagi UMKM pemilik merek dan operator resto atau mitra franchise. Terakhir, perseroan akan memperkuat bisnis food supply dengan merilis produk-produk terbaru yang menargetkan business to consumer.

Dalam upaya memperluas jangkauan pasar, Eko menyebut peluang besar dalam industri ekspor ikan ke negara-negara dengan konsumsi ikan yang tinggi. Perseroan juga berusaha membangun hubungan yang kuat dengan pasar-pasar internasional, serta pasar domestik. 

Hingga saat ini, Eko menyampaikan strategi penambahan outlet telah terbukti sukses, dengan fokus pada lokasi strategis.

Sebelumnya pada PT Sari Kreasi Boga Tbk mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 228,96 miliar alias naik 356,8% secara tahunan pada kuartal dua 2023. Sedangkan laba bersih perseroan terbang 1.944% secara tahunan di angka Rp 101,37 miliar dari sebelumnya Rp 4,95 miliar.

Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Editor: Lona Olavia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...