Trafik Data XL Axiata Naik 15% Saat Nataru 2024
Kebutuhan data pelanggan PT XL Axiata Tbk (EXCL) melonjak sepanjang liburan Natal dan tahun baru (Nataru) 2024. Berdasarkan monitoring dari 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan pada saat itu meningkat 15%. Bila dibandingkan periode tahun sebelumnya, XL Axiata tercatat naik 19%.
Selain itu, puncak kenaikan trafik layanan pada malam tahun baru melesat hingga 90% dibandingkan kondisi hari normal. XL Axiata juga telah memprediksi layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya nak sebesar 1% dan SMS sebesar 8% dibandingkan hari biasa.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024. Ini juga berkomitmen XL Axiata demi menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru.
“Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan. Hal itu mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” kata Darmayusa dalam keterangan resmi, Jumat (5/1).
Gede mencatat bahwa jaringan XL Axiata tetap stabil dan tidak mengalami gangguan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh langkah-langkah antisipatif yang telah dilakukan sebelumnya oleh XL Axiata. Beberapa langkah tersebut meliputi peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat, penempatan mobile BTS (MBTS).
Hal itu juga sekaligus persiapan genset lengkap dengan bahan bakar di daerah-daerah yang rentan terhadap bencana. Bahkan juga ada kesiapan untuk melakukan rekayasa jaringan jika terjadi gangguan di suatu area dengan memindahkan koneksi ke jaringan di sekitarnya.
Data yang diperoleh dari XL Axiata juga menunjukkan bahwa aktivitas digital pelanggan tinggi selama liburan Nataru. Trafik data di daerah pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya meningkat sekitar 15% dibandingkan dengan hari-hari biasa. Daerah dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon yang melesat 30%, diikuti oleh Kota Surabaya dengan kenaikan 22%, dan Kabupaten Bogor 18%.
Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Jawa Tengah, sebesar 21% dan Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 16%, selanjutnya Jawa Barat 14% dan Jawa Timur 11%. Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data naik hingga 198% dibandingkan hari normal.
Adapun di Pantai Pangandaran, Jawa Barat naik hingga 143%, Pantai Sawarna, Provinsi Banten naik 128%.
Seiring dengan hal itu, jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 310 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 5% dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi Singapura, Malaysia, dan Kamboja.
Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul file access, dan game. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68%.
Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10% - 15% dari hari normal, Instagram, 23%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 8%, Tiktok 4%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30%.