Sempat Terganggu, Indosat Pastikan Sinyal di Jawa Tengah Kembali Pulih

Ferrika Lukmana Sari
6 Januari 2024, 14:57
Indosat
Pexels
Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan mitra penyedia layanan, Huawei memastikan, layanan jaringan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta pulih dalam waktu 24 jam pasca insiden kebakaran di gedung pemancar Indosat Gombel, Semarang Jawa Tengah pada 1 Januari 2024.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengapresiasi, langkah cepat, kolaborasi aktif, dan dedikasi dari setiap personil Indosat Ooredoo Hutchison dan juga Huawei dalam penanganan kendala ini.

"Pemulihan jaringan dan mengembalikan kualitas layanan adalah prioritas utama kami pasca terjadinya insiden," kata Vikram dalam keterangan resmi dikutip Sabtu (6/1).

Selain itu, Indosat bersama mitra-mitranya juga secara proaktif mengambil langkah-langkah korektif untuk mengantisipasi kejadian serupa di kemudian hari. Indosat juga mengapresiasi masukan dan kesetiaan pelanggan dengan memberikan kuota 1GB bagi pelanggan yang terdampak.

CEO of Huawei Indonesia Long menyatakan, pihaknya, bangga dapat bermitra dengan Indosat dan memberikan layanan dan dukungan terbaik untuk memulihkan jaringan dan memastikan dampak yang minimal terhadap pelanggan dan pengguna.

"Fokus pada pelanggan adalah nilai utama kami, dan kami akan terus memenuhi komitmen kami untuk memberikan layanan dan pengalaman jaringan terbaik bagi pelanggan dan pengguna di Indonesia," ujar Long.

Perkuat Pusat Operasi Jaringan

Pihaknya juga memperkuat kehadiran Pusat Operasi Jaringan (Network Operation Center/NOC), yang dibangun bersama oleh Huawei dan Indosat untuk mengantisipasi dan mengatasi kendala secara lebih cepat.

"NOC juga dilengkapi dengan terminal berteknologi tinggi untuk memantau seluruh status dan kinerja jaringan secara jelas," kata Long.

Dengan begitu, masalah jaringan dapat secara otomatis dikumpulkan dan dilaporkan untuk dianalisa lebih lanjut oleh para personil ahli yang bertugas. Para personil ahli NOC terus berkoordinasi erat dengan tim teknis di lapangan untuk dapat mengatasi kendala yang terjadi dengan cepat.

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik data di momen-momen khusus, seperti Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Indosat dan Huawei juga telah mengembangkan rencana operasi yang solid.

"Huawei dan Indosat akan senantiasa memberikan layanan terbaik dengan mengalokasikan sumber daya dan platform tersinergi," ujarnya.

Reporter: Ferrika Lukmana Sari

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...