Telin Gandeng Dialog Axiata Garap Layanan Suara dan SMS Internasional
Anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), Telin, menandatangani perjanjian layanan induk atau Master Service Agreement (MSA) dengan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas di Sri Lanka. Usai kerja sama ini, secara eksklusif Telin akan menyediakan layanan terkelola untuk trafik SMS Application to Person (A2P) internasional dan trafik terminasi suara internasional untuk Dialog.
Perjanjian ini ditargetkan bisa memonetisasi trafik internasional sekaligus memberikan lebih banyak kenyamanan, keamanan yang lebih baik, cakupan global, hingga kualitas layanan yang konsisten kepada pelanggan Dialog.
Kerja sama ini juga melambangkan komitmen kedua perusahaan untuk meningkatkan layanan telekomunikasi di seluruh dunia. Kolaborasi kedua operator telekomunikasi ini penting untuk menghadapi maraknya spam, penipuan, dan pesan SMS yang mengganggu. Dengan pertumbuhan eksponensial komunikasi seluler dan konektivitas digital, penyebaran pesan yang tak diinginkan menimbulkan tantangan yang signifikan bagi konsumen dan penyedia layanan.
Telin akan mengelola layanan suara dan pesan internasional dari sesama anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsel. Kemudian Telin juga akan menyediakan konektivitas berkualitas untuk para hyperscalers dan operator untuk terhubung dengan para pelanggan Telkomsel.
Budi Satria Dharma Purba, CEO Telin, mengatakan perusahaan senang bermitra dengan Dialog. Ia menilai Dialog sangat peduli untuk melindungi pelanggan dari jaringan trafik yang tidak diinginkan. Tak hanya itu, Dialog juga memahami tantangan yang ada di pasar dan telah bersikap sangat bijaksana dalam negosiasi perjanjian ini.
“Kami berharap mobile network operator (MNO) lain dapat mengikuti langkah mereka sehingga kepercayaan terhadap bisnis A2P dan Voice dapat dipulihkan di seluruh dunia,” kata Budi dalam keterangan resmi, Kamis (18/4).
Supun Weerasinghe, Director/Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC, mengatakan kemitraan strategis bersama Telin ini juga akan mempertegas komitmen perusahaan untuk melindungi pelanggan dan meningkatkan integritas komunikasi internasional. Kolaborasi ini tidak hanya menjawab tantangan yang ditimbulkan oleh spam dan penipuan, tetapi juga menunjukkan dedikasi perusahaan untuk memberikan kualitas layanan yang konsisten dan keamanan yang lebih baik kepada pelanggan.
“Bersama dengan Telin, kami berharap dapat mempelopori pendekatan transformatif untuk melindungi jaringan komunikasi dan membangun kepercayaan di era digital,” ujar Supun.