Jika tak ada aral melintang, Angkasa Pura II akan mulai mengoperasikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Senin (20/6) pekan depan.
8
Terminal 3 Ultimate
Foto ke 1 dari 8
Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, ditargetkan beroperasi pada Senin (20/6) pekan depan. Arief Kamaludin|KATADATA

Jika tak ada aral melintang, PT Angkasa Pura II (Persero) akan mulai mengoperasikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Senin (20/6) pekan depan. Dengan begitu, terminal anyar yang digadang-gadang seklas dengan Bandar Udara Changi di Singapura ini, bisa melayani para pemudik menjelang Hari Raya idul Fitri awal Juli nanti.

Saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi tolerasi waktu kepada Angkasa Pura II untuk merampungkan pengerjaan Terminal 3 Ultimate hingga Kamis besok (16/6). Pihak Kemenhub telah mengcek kesiapan tiga komponen penting terminal ini, yakni aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan, yang menjadi komponen dasar operasional bandar udara.

Terminal 3 Ultimate ini telah menelan biaya pembangunan sekitar Rp 7 triliun. Terdiri atas 28 gate, yang melayani penerbangan domestik dan internasional, terminal ini mampu menampung maksimal 25 juta penumpang per tahun. Berbagai sistem teknologi canggih mendukung operasional terminal sepanjang 1,2 kilometer dan luas bangunan 423 ribu‎ meter persegi tersebut.

Arief Kamaludin
Artikel Terkait
"Kami resmi tidak menjual (Bandara Soekarno Hatta)," kata Budi.