Tarawih di Istiqlal Show
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Image title
Oleh Ajeng Dinar Ulfiana
11 Mei 2019, 07:00

Semarak di Istiqlal Menyambut Ramadan

Ramadan selalu membawa aura baru. Ahad malam kemarin merupakan hari pertama bagi umat Islam memulai serangkaian ibadah puasa di tahun hijriah 1440. Malam itu, di Istiqlal, jemaah mulai memadati ruang utama salat masjid terbesar di Asia Tenggara ini begitu memasuki waktu isya untuk meneruskan tarawih.

Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar membacakan khotbah. Dia mengajak kaum muslim untuk memanfaatkan waktu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah di masjid. Guru besar di UIN Syarif Hidayatullah ini juga menyebutkan bahwa akan ada renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal untuk meningkatkan kenyamanan para jemaah yang akan beribadah di sana.

Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Rusli Effendi mengatakan, donatur kegiatan buka bersama berasal dari berbagai negara. “Seperti Uni Emirat Arab, Tunisia, dan sejumlah instansi dalam negeri,” ujar Rusli.

(Baca: Kemendag Pastikan Kelancaran Distrubusi Bahan Pokok Jelang Lebaran )

Untuk jumlah makanan dan takjil, pengurus Masjid Istiqlal menyediakan 3.500 hingga 5.000 kotak nasi bungkus setiap Senin hingga Jumat. Sedangkan Sabtu dan Minggu jumlah nasi kotak mencapai bisa 6.000 seiring meningkatnya masyarakat yang datang dari berbagai daerah.

Pengurus masjid juga melaksanakan sahur bersama yang diagendakan pada 10 hari terakhir Ramadan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami