Raih Emas SEA Games, Timnas Basket Indonesia Diganjar Bonus Rp5 Miliar

Gabriel Wahyu Titiyoga
4 Juni 2022, 23:59
Pebasket Indonesia Brandon Jawato (kiri) berusaha melewati hadangan pebasket Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam,ÊMinggu (22/5/2022). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 8
ANTARA FOTO/Fauzi Saputra/app/wsj.
Pebasket Indonesia Brandon Jawato (kiri) berusaha melewati hadangan pebasket Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam,ÊMinggu (22/5/2022). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 sehingga memastikan diri menjadi peraih medali emas dan sekaligus merupakan pertama dalam sejarah keikutsertaan Tim Basket Indonesia di SEA Games.

Tim nasional bola basket putra Indonesia diganjar bonus sebesar Rp5 miliar dari Bank Mandiri berkat keberhasilan mereka meraih medali emas SEA Games 2021 di Vietnam pada 22 Mei lalu. Mereka mengalahkan tim Filipina di final dengan skor 85-81.

Dengan kemenangan itu, tim basket putra Indonesia juga mencetak sejarah dengan meraih medali emas pertama sejak berpartisipasi di SEA Games pada 1977. Sebelumnya, tim basket Indonesia sudah mengantongi empat medali perak dan tiga medali perunggu di SEA Games.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih mengatakan bonus Rp5 miliar itu sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap bola basket Indonesia. Dia berharap hadiah itu juga menjadi motivasi tambahan bagi tim yang akan tampil di Kejuaraan Basket Asia pada Juli nanti.

"Apresiasi ini harus menjadi motivasi tersendiri bagi timnas menghadapi event berikutnya. Bermain maksimal di FIBA Asia Cup agar bisa masuk delapan besar dan masuk FIBA World Cup 2023," kata Danny seperti dilaporkan Antara, Sabtu (4/6).

Selama bertanding di SEA Games Vietnam, Indonesia mengumpulkan hasil cemerlang dengan tak pernah kalah di enam pertandingan. Keberhasilan tim basket Indonesia di final sekaligus mematahkan dominasi Filipina yang sebelumnya sudah mengumpulkan 13 medali emas SEA Games. Filipina selama ini juga dikenal sebagai tim tangguh di level Asia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengapresiasi langkah perusahaan negara memberikan perhatian pada olahraga. Selain Bank Mandiri, menurut Erick, sejumlah BUMN juga memberikan dukungan terhadap 17 cabang olahraga sesuai cetak biru olahraga Indonesia.

"Saya berharap bahwa olahraga nasional bisa lebih dewasa dan para atlet bisa terus meningkat kemampuan secara bersama-sama untuk meraih prestasi dalam berbagai pertandingan," ujar Erick yang juga anggota Dewan Federasi Asosiasi Basket Internasional itu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...