Desak Pemerintah Cepat Uji Coba Vaksin, Dahlan Iskan Siap Jadi Relawan

Image title
23 Juli 2020, 12:25
dahlan iskan, vaksin virus corona, uji klinis vaksin corona
Dahlan Iskan KATADATA|Donang Wahyu
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan dirinya siap menjadi relawan uji klinis vaksin corona yang tengah dikembangkan Bio Farma dan Sinovac Biotech.

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta pemerintah segera melakukan uji coba tahap ketiga vaksin virus corona yang saat ini tengah dikembangkan oleh Bio Farma dan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotechnology Co.Ltd. Bahkan Dahlan menyatakan siap menjadi relawan uji klinis ini.

"Seandainya saya memenuhi syarat, saya mau melakukan uji coba karena untuk kepentingan publik yang lebih besar agar segera ditemukan vaksin," kata Dahlan dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (22/2) malam.

Dahlan menjelaskan bahwa uji coba tahap ketiga yang akan dilakukan telah aman dan tidak menimbulkan efek samping. Sebab, uji coba tahap pertama yang melibatkan 60 orang sebagai sampel tidak menunjukkan efek samping.

Kemudian pada uji coba tahap kedua efektivitas vaksin pun teruji mampu melawan virus pada sampel yang lebih bervariasi. Sedangkan untuk tahap ketiga merupakan tahapan akhir yang harus dilakukan oleh sebanyak mungkin sampel dari berbagai negara.

(Baca: Biofarma, Kalbe hingga Eijkman Adu Cepat Uji Vaksin Covid-19)

Menurut dia, berbagai keuntungan akan didapatkan pemerintah Indonesia ketika mau melakukan uji klinis vaksin seperti adanya hak produksi vaksin secara massal ketika vaksin ini ditemukan. Sehingga kebutuhan untuk impor dapat ditekan.

Dari sisi kerugian, Dahlan mengatakan izin internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun tak akan dikeluarkan bagi negara yang menolak uji coba vaksin. "Kalau tidak ikut kita tidak dapat hak produksi dan harus impor, itupun kalau cocok karena belum pernah uji coba disini," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah tengah mengembangkan vaksin virus corona dari perusahaan Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, untuk dilakukan uji klinis tahap ketiga oleh BUMN farmasi Bio Farma. Tak hanya itu, perusahaan juga dikabarkan akan mengimpor kandidat vaksin lainnya dari Inggris untuk diuji coba.

"(Vaksin) ada yang dari Indonesia sendiri, ada yang dari Inggris," kata Juru Bicara Komite Penanganan COVID-19 & Pemulihan Ekonomi Nasional Wiku Adisasmito di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Selasa (21/7).

(Video: Vaksin Covid-19 dari Sinovac, Beredar Awal 2021)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...