RI Raih Medali Pertama Olimpiade Lewat Cabang Angkat Besi

Happy Fajrian
24 Juli 2021, 15:07
olimpiade, medali pertama, windy cantika
Sigit Kurniawan/Antara
Windy Cantika raih medali pertama untuk Indonesia dari cabang angkat besi. Windy berhasil meraih medali perunggu dengan total angkatan seberat 194 kg.

Lifter Indonesia Windy Cantika Aisah menjadi penyumbang medali pertama bagi tim Merah Putih dalam Olimpiade Tokyo 2020 melalui cabang olahraga angkat besi.

Windy yang turun di kelas 49 kg meraih medali perunggu setelah mencatatkan total angkatan 194 kg, dengan snatch 84 kg dan clean and jerk 110 kg.

Sementara medali emas direbut oleh lifter Tiongkok Hou Zhihui yang membukukan total angkatan 210 kg, yakni snatch 94 kg, dan clean and jerk 116 kg.

Sedangkan medali perak jatuh ke tangan lifter India, Chanu Mirabai yang berhasil mencatatkan angkatan total 202 kg dengan snatch 84 kg dan clean and jerk 115 kg.

Windy yang menjalankan debutnya di ajang Olimpiade sempat gagal terlebih dahulu saat melakukan angkatan snatch sebesar 84 kg di percobaan pertama, dan baru berhasil pada percobaan kedua.

Windy Cantika Olimpiade Tokyo
Windy Cantika Olimpiade Tokyo (Sigit Kurniawan/Antara)

Namun Windy kembali gagal ketika mencoba menambah beban angkatannya menjadi 87 kg pada percobaan ketiga. Ia lalu menebus kegagalannya tersebut saat melakukan angkatan clean and jerk seberat 110 kg.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...