Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Kepulauan Mentawai, Tak Berpotensi Tsunami

Happy Fajrian
11 September 2022, 10:14
gempa bumi, mentawai, sumatra barat, gempa, bmkg
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Ilustrasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang barat laut Kepulauan Mentawai di Provinsi Sumatra Barat pada Minggu pukul 06.10 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa itu berada di koordinat 1,18 derajat Lintang Selatan dan 98,53 derajat Bujur Timur, sekira 147 kilometer barat laut Kepulauan Mentawai, pada kedalaman 10 kilometer. BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kemudian pada pukul 07.10 WIB, gempa susulan berkekuatan magnitudo 5,3 kembali mengguncang Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai.

“Hingga pukul 07.10 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo M5,3,” ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu (11/9).

Daryono menjelaskan episenter gempa terletak pada koordinat 1,18° LS ; 98,53° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 27 km.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...