Bogor Diguncang Gempa M 5,0, Dipicu Patahan Lempeng Indo-Australia

Happy Fajrian
15 Januari 2023, 11:35
gempa bumi, bogor, jawa barat
BMKG
Gempa bumi mengguncang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tepatnya 25 km barat laut kota Bogor pada Minggu (15/1) dini hari.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (15/1) dini hari pukul 03.52 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa berada pada 25 km barat laut Kota Bogor, di kedalaman 132 km.

Adapun koordinat gempa berada pada 6,52 lintang selatan-106,58 bujur timur, tepatnya berlokasi di darat wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. BMKG melaporkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan estimasi peta guncangan atau shakemap gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Cikeusik, Kabupaten Bogor dengan skala intensitas III MMI dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu di daerah Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor dengan skala intensitas II MMI hingga getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Gempa dipicu patahan dalam lempeng Indo-Australia (gempa intraslab) dengan mekanisme turun (normal fault),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya yang diunggah melalui akun Twitternya @DaryonoBMKG.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas menyatakan belum ada laporan kerusakan maupun korban terkait dampak gempa magnitudo 5 yang terjadi 25 km di barat laut Kota Bogor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...