Disusupi Banyak Balon Cina, Taiwan Ancam akan Tembak Jatuh

Happy Fajrian
16 Februari 2023, 07:21
taiwan, balon cina
123rf.com
Konflik Taiwan vs Cina.

Di tengah spekulasi atas dugaan balon mata-mata Cina, Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pertahanan menyatakan akan menembak jatuh objek militer yang berasal dari Cina daratan yang dicurigai mendekati wilayahnya.

Mayor Jenderal Huang Wen-chi, asisten wakil kepala staf umum untuk intelijen Taiwan mengatakan bahwa pulau yang memiliki otonomi khusus dari Cina itu berjaga-jaga dari serangan apapun tapi belum menemukan siapa pun yang menembus pertahanannya.

“Kami belum pernah melihat balon mata-mata canggih yang dikirim Cina di perairan dekat Taiwan,” kata Huang dikutip VOAnews, terkait balon yang ditembak jatuh oleh Amerika Serikat (AS) awal bulan ini setelah melakukan perjalanan berhari-hari di langit Alaska hingga ke Carolina Selatan.

Meski demikian Taiwan telah mengamati lusinan penerbangan balon Cina yang diduga balon militer di wilayah udaranya dalam beberapa tahun terakhir, jauh lebih banyak dari yang diketahui sebelumnya.

“Mereka datang sangat sering, yang terakhir beberapa minggu lalu,” kata seorang pejabat senior Taiwan. Pejabat lainnya mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi rata-rata sebulan sekali.

Sebelumnya, kementerian pertahanan Taiwan hanya mengonfirmasi satu insiden pada Februari tahun lalu, di mana beberapa balon Cina dalam empat gelombang berkeliaran di utara negara itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...