Yordania Ancam Balasan Besar Jika Israel Serbu Lagi Masjid Al Aqsa

Happy Fajrian
9 April 2023, 16:51
masjid al aqsa, israel, palestina, yordania
unsplash

Yordania telah memperingatkan Israel bahwa akan ada konsekuensi yang membawa bencana besar jika pasukan Israel menyerbu masjid Al Aqsa lagi. Konsekuensi tersebut akan menjadi harga yang dibayar semua orang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania, Sinan al-Majali mengatakan bahwa jika polisi Israel menyerang jamaah di masjid Al Aqsa lagi, dalam upaya untuk mengosongkan masjid itu dari para jamaah yang ingin beribadah, itu akan mendorong situasi ke arah meningkatnya ketegangan dan kekerasan.

“Pemerintah Israel memikul tanggung jawab atas eskalasi di Yerusalem dan di semua wilayah Palestina yang diduduki dan atas kerusakan yang akan memburuk jika mereka tidak menghentikan serangannya ke masjid suci Al-Aqsa,” kata Al Majali seperti dikutip dari CNN, Minggu (9/4).

Peringatan dari Yordania kemudian direspons oleh pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Israel yang mengatakan bahwa orang-orang yang, “membarikade diri di dalam masjid Al-Aqsa adalah massa yang berbahaya, diradikalisasi dan dihasut oleh Hamas dan organisasi teror lainnya.”

Kementerian Luar Negeri Israel meminta penjaga Wakaf Yordania, untuk segera mengeluarkan dari Masjid al-Aqsa para ekstremis yang berencana melakukan kerusuhan (pada hari Minggu) dari masjid Al-Aqsa selama waktu ibadah umat Muslim di Temple Mount dan Berkat Imam di Tembok Barat.

Wakaf adalah badan yang ditunjuk Yordania yang mengelola kompleks masjid al-Aqsa, yang dikenal sebagai Temple Mount oleh orang Yahudi.

Polisi Israel menggerebek masjid al-Aqsa Yerusalem dua kali pada Rabu pekan lalu, mengklaim bahwa ratusan perusuh dan penoda masjid telah membarikade diri mereka sendiri di dalamnya.

Pada Sabtu malam, polisi Israel kembali menuduh bahwa, banyak anak muda telah memasuki masjid dan menutup pintunya, tanpa alasan. Penggerebekan polisi Israel terhadap masjid Al Aqsa dianggap oleh umat Islam sebagai provokasi besar.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...