Wali Kota Risma Dirawat, Waspadai Gejala Asma dan Maag

Dwi Hadya Jayani
29 Juni 2019, 08:15
bu risma sakit, jokowi jenguk bu risma
ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) memberikan sambutan di acara \'Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan\' di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/12). Risma dirawat di RSUD Dr Soetomo sejak Rabu (26/6) karena sakit maag dan asma.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) sejak Rabu (26/6). Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, penyakit maag dan asma yang diderita Risma kambuh sehingga ia harus masuk rumah sakit. Kondisinya berangsur-angsur membaik. Risma tidak membutuhkan alat bantu pernapasan lagi.

Sakitnya Risma mendapat perhatian dari warganet yang memberikan doa untuk kesembuhan Wali Kota Surabaya ini melalui #GWSBuRisma. Jumat (28/6) lalu, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla juga menjenguk Risma di RSUD Dr Soetomo, Surabaya. Hari ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menjenguk Risma setelah kembali dari KTT G20 di Osaka, Jepang.

Seperti dilansir hallosehat.com, maag dapat dipicu asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD). Jenis penyakit lambung ini dapat terjadi karena naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus).

Biasanya, seseorang yang mengidap penyakit asam lambung juga diiringi penyakit asma. National Center for Biotechnology Information (NCBI) dalam laporannya menyebutkan sebanyak 80% pengidap asam lambung juga didiagnosis mengidap asma. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan pengidap asma dua kali lebih besar kemungkinannya menderita asam lambung.

Meskipun telah banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara asma dan asam lambung, tetapi hubungan utamanya belum sepenuhnya jelas. Secara umum, Asthma and Allergy Foundation of America menyebut asam lambung dapat menyebabkan gejala asma dengan dua cara.

Pertama, asam lambung naik kembali ke kerongkongan menciptakan reaksi berantai yang mengarah ke gejala asma. Asam lambung yang naik ini mengiritasi ujung saraf di kerongkongan (esofagus) yang menghasilkan sinyal ke otak. Selanjutnya, otak merespons dengan impuls ke paru-paru merangsang produksi otot dan lendir di saluran udara. Saluran udara paru-paru kemudian menyempit hingga menghasilkan gejala asma.

Kedua, dalam banyak kasus, isi lambung yang direfluks memasuki paru-paru secara langsung. Situasi ini disebut aspirasi. Hal ini dapat mengakibatkan batuk, sesak dada, dan gejala asma lainnya.

Di sisi lain, asma juga dapat memicu asam lambung. Hal ini dikarenakan ketika kesulitan bernafas atau mengonsumsi obat asma tertentu memungkinkan memiliki efek samping sehingga dapat memperburuk asam lambung.

(Baca: PKB Sambut Baik Wacana Risma Gantikan Azwar Anas di Pilgub Jatim)

Kelelahan Dapat Memicu Asma dan Asam Lambung

Feny, sapaan akrab Febria Rachmanita, menjelaskan bahwa Risma kelelahan setelah pulang dari luar negeri. Namun, Risma tetap melanjutkan aktivitasnya membersihkan kawasan di sekitar Tugu Pahlawan.

Kelelahan ini dapat mengganggu produksi asam lambung. Asam lambung yang berlebihan akan mengikis dinding lambung secara perlahan sehingga tak jarang penderita mengeluhkan lambungnya perih.

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...