Doa Keluar Rumah dan Artinya serta Keutamaan

Image title
21 Oktober 2021, 10:10
Doa Keluar Rumah dan Artinya serta Keutamaan
Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi seseorang yang pergi keluar rumah

Jika akan keluar rumah, apa saja yang perlu disiapkan? Menyediakan berbagai barang, bekal, kendaraan, dan lain sebagainya merupakan hal penting. Sebelum bepergian, agama Islam mengajarkan bahwa mengucapkan doa keluar rumah juga penting dilakukan.

Doa keluar rumah merupakan upaya umat Islam untuk selalu mengingat Allah Swt. dimanapun dan kapanpun. Ketika hendak keluar rumah, ada banyak hal yang tidak dapat diprediksi. Oleh sebab itu, mengucapkan doa sebelum keluar rumah dapat dilakukan untuk meminta pertolongan Allah Swt.

Sebuah hadis dijelaskan dalam buku “Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian” oleh Mahmud Asy-Syafrowi.

"Ketika seseorang keluar dari pintu rumahnya atau pintu kampungnya, maka ada dua malaikat yang diwakilkan untuk menyertainya. Jika ia mengucapkan bismillah maka keduanya akan berkata, 'Kamu telah diberi petunjuk.' Jika ia mengucapkan 'la haula walaa quwwata illaa billaah', maka keduanya berkata 'Kamu telah dijaga.' Dan, jika ia mengucapkan ‘tawakkaltu 'alallah', maka keduanya berkata, 'Kamu telah dicukupi'." (HR. Ibnu Majah).

Kandungan hadis tersebut menerangkan, ketika seseorang membaca doa keluar rumah, maka ia akan diberi petunjuk, dijaga, dan dicukupi.

Doa Keluar Rumah

Bacaan doa keluar rumah dan artinya adalah sebagai berikut.

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR.Abu Dawud, (4/325), no. 5094).

Kemudian, setelah membaca doa keluar rumah secara singkat, dapat dilanjutkan dengan doa keluar rumah berikut ini.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَأَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّأَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّأَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَأَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allaahumma innii a’uudzu bika an adhilla au udhalla au azilla au uzalla au azhlima au uzhlama au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan, berbelok dari jalan yang benar atau dibelokkan dari jalan yang benar, berbuat kezaliman atau dizalimi, berbuat kejahilan atau dijahili.” (HR. Abu Dawud).

Doa keluar rumah tersebut dinamakan doa isti'adzah. Kandungan doa tersebut adalah apabila seseorang keluar dari rumahnya, maka sudah pasti ia akan bergaul dengan manusia atau menyelesaikan suatu urusan.

Dalam hal agama, bisa jadi ia tersesat atau disesatkan, tergelincir dalam kesalahan dan dosa, atau digelincirkan pada keduanya. Oleh sebab itu, dengan membaca doa isti'adzah ini, umat Islam meminta perlindungan Allah Swt. agar dirinya terselamatkan dari ketersesatan dan ketergelinciran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...