10 Wisata Kuliner Semarang Ini Terkenal dan Patut Dicoba

Image title
15 Maret 2022, 09:43
Suasana di Toko Oen, salah satu wisata kuliner Semarang yang terkenal
instagram.com/tokooen
Suasana di Toko Oen, salah satu wisata kuliner Semarang yang terkenal

Wisata kuliner Semarang menawarkan ragam hidangan yang lezat dan menarik untuk dicoba. Mulai dari hidangan manis hingga gurih, beragam tempat wisata kuliner di Semarang patut dikunjungi, terutama setelah lelah berkeliling Kota Semarang yang cukup panas.

Berikut rekomendasi wisata kuliner Semarang yang terkenal dan patut dicoba.

1. Leker Paimo

Leker Paimo merupakan salah satu wisata kuliner legendaris di Semarang. Lokasinya berada di Jalan Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, tepatnya di depan SMA Kolese Loyola.

Seperti namanya, Leker Paimo menyajikan beragam kue leker dengan isi yang bervariasi, seperti cokelat, susu putih, keju manis, telur, sosis, dan sebagainya. Pilihan menunya dijual mulai dari harga Rp2 ribu hingga Rp35 ribu.

2. Lunpia Mataram

Berkunjung ke Semarang tak lengkap rasanya jika tidak mencoba lumpia, khususnya Lunpia Mataram yang terletak di Jalan MT. Haryono No.695, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

Wisata kuliner satu ini menawarkan hidangan lumpia yang bervariasi. Mulai dari lumpia basah, lumpia goreng, lumpia original, hingga lumpia spesial. Wisatawan yang ingin membawa buah tangan saat pulang juga dapat membeli lumpia dalam kemasan vakum yang tahan hingga 10 hari. Harganya mulai dari Rp17 ribu per biji hingga Rp95 ribu untuk kemasan vakum berisi lima lumpia.

3. Soto Bangkong

Soto Bangkong merupakan salah satu wisata kuliner legendaris yang sudah ada dari sekitar tahun 1950. Satu porsi Soto Bangkong berisi bihun, irisan bawang, ayam suwir dan

bawang goreng dengan siraman kuah bening yang kaya bumbu. Rasanya gurih dan menyegarkan. Ukuran mangkok Soto Bangkong ini cukup kecil, tetapi cukup mengenyangkan. Saat ini terdapat tiga cabang Soto Bangkong di Semarang, yaitu Jalan Brigjen Katamso No. 1, Jalan M.T Haryono, dan Jalan Setiabudi No. 229 Srondol, Banyumanik.

4. Seafood Pak Sangklak

Letak Kota Semarang yang berada di pesisir membuat banyak gerai seafood bermunculan, salah satunya Seafood Pak Sangklak. Lokasinya berada dekat dengan laut, yaitu di Jalan Raya Telaga Mas No. B1, Panggung Lor, Semarang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...