Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Ciri-Ciri dan Strukturnya

Image title
18 Maret 2022, 15:07
Teks laporan hasil observasi berisi deskripsi objek seperti benda, hewan, manusia, atau peristiwa. Simak contoh teks laporan hasil observasi berikut.
Unsplash/Ergita Sela

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memuat penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi disebut juga sebagai teks klasifikasi karena berisi klasifikasi tentang jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Teks laporan hasil observasi mengandung deskripsi, ciri, atau sifat umum dari sebuah objek tunggal, seperti benda, hewan, tumbuhan, manusia, atau peristiwa yang terjadi di sekitar. 

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Mengutip buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan, berikut ciri-ciri teks laporan hasil observasi.

  • Hasil dari pengamatan atau penelitian yang kekinian.
  • Bersifat universal.
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Membahas objek tunggal.
  • Tidak ada bagian penutup atau kesimpulan dari penulis.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur teks laporan hasil observasi ada tiga, yaitu:

  • Pernyataan umum.
  • Deskripsi bagian.
  • Deskripsi manfaat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Simak contoh teks laporan hasil observasi berikut yang bersumber dari e-Modul Direktorat Pembinaan SMA oleh Susy Hartati, S.Pd.

Rumah Adat Indonesia

Rumah adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus yang digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu. bangunan ini merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku atau masyarakat. Rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti yang penting dalam sejarah, warisan, dan kemajuan peradaban masyarakat.

Rumah-rumah adat di Indonesia memiliki bentuk dan arsitektur yang berbeda tergantung masing-masing daerah dan sesuai dengan budaya adat lokal. Bangunan tersebut pada umumnya dihiasi ukiran ukiran indah. Pada zaman dahulu, rumah adat yang tampak paling indah biasanya dimiliki oleh keluarga kerajaan atau ketua adat. Rumah adat terbuat dari kayu-kayu pilihan dan pengerjaannya dilakukan secara tradisional yang melibatkan tenaga ahli di bidangnya.

Beberapa contoh rumah adat yang ada di Indonesia, misalnya rumah adat Kesepuhan di Provinsi Jawa Barat, rumah Joglo di Jawa Tengah, rumah Panggung di Provinsi Jambi, rumah Limas di Provinsi Sumatera Selatan, dan di ujung paling timur, Papua, terdapat rumah adat yang bernama Honai. Keberagaman rumah adat di Indonesia dipengaruhi oleh banyaknya suku bangsa, budaya, dan luas wilayah.

Rumah adat biasanya dipakai untuk acara-acara adat atau untuk musyawarah adat. Rumah adat di Indonesia terdiri atas beragam bentuk dan jenis. Rumah adat yang saat ini berdiri kokoh sengaja dipertahankan dan dilestarikan sebagai simbol budaya Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia, sebaiknya menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kebudayaan Indonesia

Simak contoh teks laporan hasil observasi berikut yang bersumber dari e-Modul Direktorat Pembinaan SMA oleh Susy Hartati, S.Pd.

Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan kehidupannya yang kompleks, mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, serta kebiasaan. Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa budaya erat kaitannya dengan cara manusia menjalani kehidupannya. hal tersebut terlihat dari jarak pandang, cara bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, cara memenuhi kebutuhan hidupnya, hingga cara masyarakat mengekspresikan perasaan dalam dirinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...