10 Contoh Hewan Invertebrata Beserta Ciri-Ciri dan Gambar

Image title
21 Maret 2022, 10:13
Kupu-kupu merupakan contoh hewan invertebrata
Unsplash/Natalia Slastnikova
Kupu-kupu merupakan contoh hewan invertebrata

Secara garis besar, kingdom animalia dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu golongan vertebrata (hewan bertulang belakang) dan invertebrata (hewan tak bertulang belakang).

Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai ruas-ruas tulang belakang. Kerangka tubuh hewan invertebrata umumnya terdapat di luar tubuh (eksoskeleton). Subfilum invertebrata terdiri dari filum Porifera, Cnidaria, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Mollusca, Arthropoda, Mollusca dan echinodermata. Contoh hewan invertebrata adalah semut, lebah, bintang laut, ubur-ubur, laba-laba, siput, cumi-cumi, cacing, lintah, dan kupu-kupu.

Ciri-Ciri Hewan Invertebrata

Berdasarkan buku Klasifikasi Hewan, ciri-ciri hewan invertebrata adalah sebagai berikut.

  • Kerangka tubuh umumnya terdapat di luar tubuh atau eksoskeleton.
  • Alat ekskresi pada invertebrata tingkat rendah belum ditemukan. Sedangkan pada invertebrata tingkat tinggi belum memusat pada suatu organ.
  • Sistem saraf masih sederhana dan pusat saraf belum ada, kecuali pada beberapa jenis hewan yang pusat sarafnya berupa kumpulan simpul saraf (ganglion).
  • Berkembang biak secara generatif dan/atau vegetatif.
  • Peredaran darahnya terbuka. Darah dari pembuluh darah masuk ke jantung dan sebagian lagi terus beredar melalui pembuluh darah balik untuk masuk ke bagian jantung lain.

Contoh Hewan Invertebrata

Beberapa contoh hewan invertebrata dijelaskan sebagai berikut.

1. Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah hewan invertebrata dengan enam kaki, dua antena, dan tiga bagian tubuh. Beberapa memiliki sayap, tetapi tidak semua. Kupu-kupu merupakan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna.

Menurut Smithsonian Institution, ada sekitar 17.500 spesies kupu-kupu di dunia. Kupu-kupu ditemukan di semua benua kecuali Antartika. Hewan ini hidup dan berkembang biak di berbagai habitat, termasuk rawa asin, bakau, bukit pasir, hutan dataran rendah, lahan basah, padang rumput, dan pegunungan.

2. Semut

Cara Mengusir Semut
Semut (Unsplash)
 

Semut adalah hewan invertebrata dengan tubuh yang terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu kepala, dada (tempat menempelnya tiga pasang kaki), dan perut (tempat organ vital berada), menurut departemen Harvard Forest di Harvard University.

Berdasarkan laporan National Geographic, terdapat lebih dari 10.000 spesies semut di seluruh dunia. Mereka umumnya ditemukan dalam hutan tropis dan hidup dalam sarang terstruktur yang terletak di bawah tanah, gundukan permukaan tanah, atau pohon.

3. Lebah

Berburu Madu Hutan
Berburu Madu Hutan (Adi Maulana Ibrahim|Katadata)

Lebah adalah hewan invertebrata yang memiliki rangka luar tipis seperti cangkang. Tubuh lebah dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala dengan dua antena, dada dengan enam kaki, dan perut. Lebah memiliki dua pasang sayap dan hanya lebah betina yang punya alat penyengat.

Menurut The National Wildlife Federation, ada lebih dari 20.000 spesies lebah di seluruh dunia. Spesies lebah liar hidup di setiap benua kecuali Antartika. Di Amerika Utara, ada sekitar 4.000 spesies lebah asli yang menempati ekosistem mulai dari hutan, gurun, hingga padang rumput.

4. Bintang Laut

Bintang laut
Bintang laut (Unsplash/Marcus Dall Col)

Bintang laut termasuk hewan invertebrata yang tinggal di perairan. Mereka biasanya memiliki cakram pusat dengan lima lengan, meskipun beberapa spesies memiliki lebih banyak lengan. Lengan bintang laut ditutupi dengan penjepit dan penghisap yang berfungsi untuk  perlahan di sepanjang dasar laut.

National Geographic melaporkan bahwa ada sekitar 2.000 spesies bintang laut yang hidup di seluruh lautan dunia, dari habitat tropis hingga dasar laut yang dingin. Bintang laut berlengan lima merupakan spesies yang paling umum. Tetapi, ada pula spesies bintang laut dengan 10, 20, dan bahkan 40 lengan.

5. Ubur-Ubur

CZECH-JELLYFISH
Ubur-ubur (ANTARA FOTO/REUTERS/David W Cerny)

Ubur-ubur adalah invertebrata laut dalam filum Cnidaria yang tidak punya otak, tulang, jantung, dan mata. Mereka memiliki tubuh dan tentakel yang lembut dan transparan untuk melumpuhkan mangsa sebelum memakannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...