5 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara

Image title
5 April 2022, 12:12
Ilustrasi. Terdapat sejumlah tradisi unik lebaran di berbagai negara, seperti Seker Bayrami di Turki, membuat kue maamoul di Palestina, dan Meethi Eid di India.
Unsplash/Vitaliy Lyubezhanin
Ilustrasi. Melukis tangan dengan henna merupakan tradisi lebaran di India.

Akhir bulan Ramadan yang penuh berkah menandai awal Idulfitri atau Lebaran. Idul Fitri adalah perayaan yang sangat penting dalam kalender Islam. Perayaan ini dimulai dengan salat Idul Fitri lalu mengunjungi keluarga dan menyantap beragam makanan.

Lebaran berlangsung selama satu sampai tiga hari, dimulai pada hari pertama Syawal, yaitu bulan ke-10 dalam kalender Islam. Di Indonesia, tradisi Lebaran erat kaitannya halalbihalal, mengenakan pakaian baru, dan tunjangan hari raya.

Tak hanya di Indonesia, tradisi Lebaran juga dirayakan di berbagai negara dengan cara yang berbeda dan unik. Berikut tradisi unik lebaran di berbagai negara.

1. Seker Bayrami di Turki

Di Turki, Idulfitri dikenal sebagai Ramazan Bayrami (Festival Ramadan) atau Seker Bayrami (Festival Permen). Tradisi unik lebaran ini dimulai saat matahari terbenam pada hari terakhir Ramadan sebagai perayaan selesainya bulan suci puasa. Di Turki, Seker Bayrami merupakan hari libur nasional.

Pada perayaan Seker Bayrami, orang-orang membersihkan rumah, berbelanja permen dan coklat, serta menyiapkan kue-kue tradisional, seperti baklava. Mereka juga memotong rambut dan melakukan perawatan serta mengenakan baju baru yang disebut bayramlık.

Selama Seker Bayrami, penting untuk menghormati orang tua. Oleh karena, banyak generasi muda mengunjungi yang lebih tua. Mencium tangan kanan orang tua dan meletakkannya di dahi merupakan tradisi untuk menunjukkan rasa hormat. Orang-orang saling menyapa dengan mengucapkan Bayramınız kutlu/mübarek olsun, yang berarti “Semoga pesta Anda diberkati”.

2. Mengenakan Baju Kurung di Malaysia

Idulfitri di Malaysia dikenal sebagai Hari Raya Aidilfitri. Warga Malaysia biasanya akan memakai pakaian tradisional Melayu seperti Baju Kurung, Baju Kebaya, dan Baju Melayu sebagai. Mereka juga berkumpul di kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Sehari sebelum Idulfitri seringkali menjadi waktu tersibuk bagi umat Islam Malaysia. Sepanjang hari mereka menyiapkan berbagai hidangan tradisional dan menghias rumah. Hidangan tradisional yang menjadi tradisi Lebaran di Malaysia tak jauh berbeda dari Indonesia, seperti ketupat, rendang, saus kacang pedas, dan lemang.

Tradisi unik Lebaran di Malaysia adalah kegiatan open house yang diadakan di hampir setiap rumah. Tradisi ini menampilkan keharmonisan multikultural di Malaysia. Saat open house, semua tamu dapat datang tanpa memandang status sosial, agama, dan ras.

3. Membuat Kue Maamoul di Palestina

Membuat kue maamoul merupakan tradisi unik Lebaran di Palestina. Maamoul merupakan kue dengan isian kurma atau kenari dengan kacang-kacangan dan lapisan luarnya ditaburi gula halus. Kue ini biasanya dibuat bersama keluarga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...