Pengertian Poster, Ciri-Ciri, Kaidah Kebahasaan, Prinsip, dan Jenisnya

Image title
24 Mei 2022, 09:47
Ilustrasi, poster film di bioskop. Pengertian poster adalah media publikasi berupa tulisan, gambar maupun kombinasi antara keduanya. Tujuan poster adalah memberikan informasi kepada publik. Poster biasanya dipasang di tempat umum.
Pexels.com/Henry & Co.
Ilustrasi, poster film di bioskop

Poster termasuk salah satu media yang populer digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Tampilan poster yang menarik dan mencolok berguna untuk menarik perhatian masyarakat.

Poster adalah media publikasi berupa tulisan, gambar maupun kombinasi antara keduanya. Poster berisi pemberitahuan, pengumuman, atau iklan. Tujuan poster adalah memberikan informasi kepada publik.

Advertisement

Kustandi dan Sutjipto dalam buku Menulis Deskripsi dan Narasi (2011) menjelaskan, poster merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan singkat, padat, dan impresif karena ukurannya yang relatif besar

Poster biasanya dipasang di tempat-tempat umum yang mudah diakses, seperti di pinggir jalan, di bagian depan bangunan, atau di area-area yang mudah terlihat agar dapat menarik perhatian orang banyak.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Adapun pengertian poster menurut para ahli dijelaskan sebagai berikut.

  • Sudjana dan Rivai (2002) menjelaskan bahwa poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatannya.
  • Menurut Ekokasih (2017), poster adalah tulisan atau plakat yang dipasang di tempat-tempat umum, berupa pengumuman yang berisi pesan atau imbauan untuk masyarakat.
  • Diungkapkan oleh Hasnun (2005) bahwa poster merupakan gambar atau tulisan di atas kertas atau kain yang dipasang di tempat umum berisi pemberitahuan. Isi dan tujuan poster beragam. Ada poster yang berisi imbauan kepada masyarakat tentang suatu kegiatan. Ada juga poster yang berisi larangan untuk menghindari perbuatan tertentu.
  • Rohani (1997) menjelaskan, poster merupakan gagasan yang dicetuskan dalam bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam ukuran besar, bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi atau memperingatkan pada gagasan pokok, fakta, atau peristiwa tertentu.

Ciri-Ciri Poster

Berikut ini adalah ciri-ciri poster.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement