8 Stadion Terbaik di Dunia Versi TheStadiumBusiness Awards

Image title
25 Juli 2022, 10:52
Ilustrasi, Optus Stadium di Perth, Australia Barat, salah satu stadion terbaik di dunia.
optusstadium.com.au
Ilustrasi, Optus Stadium di Perth, Australia Barat, salah satu stadion terbaik di dunia.

Setiap tahunnya, TheStadiumBusiness memberikan penghargaan bagi satu stadion terbaik di dunia. TheStadiumBusiness Awards menilai aspek kepemimpinan, inovasi, pencapaian, pengoperasian, dan pengelolaan fasilitas olahraga secara global.

Berawal pada 2010, TheStadiumBusiness Awards diberikan untuk menghargai manajemen stadion, arena dan tempat olahraga, meningkatkan standar industri, mendorong profesionalisme, serta meningkatkan kesadaran sektor stadion, arena dan tempat olahraga.

Advertisement

Stadion Terbaik Di Dunia

Berikut daftar stadion terbaik di dunia versi TheStadiumBusiness Awards.

1. Optus Stadium

Optus Stadium dinobatkan sebagai stadion terbaik di dunia pada 2022. Optus Stadium adalah stadion serbaguna yang terletak di Perth, Australia Barat. Stadion ini dimiliki oleh Pemerintah Negara Bagian Australia Barat dan dikelola oleh VenuesLive.

Optus Stadium berkapasitas 60 ribu orang bangunannya mulai dibangun pada Desember 2013 dan dibuka untuk publik pada 21 Januari 2018. Stadion ini digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga dan hiburan, termasuk Australian Football League, International and Big Bash League Cricket, sepak bola, rugby, dan konser.

2. SoFi Stadium

SoFi Stadium menerima penghargaan stadion terbaik di dunia pada 2021. Sofi Stadium terletak di Inglewood, California, Amerika Serikat dan digunakan sebagai markas tim football Los Angeles Rams dan Los Angeles Chargers.

Berkapasitas 70.240 orang, bangunan SoFi Stadium didesain oleh HKS dan terdiri dari stadion, plaza pejalan kaki, dan tempat pertunjukan. Nama stadion berasal dari perusahaan jasa keuangan yang membeli hak penamaan senilai US$30 juta per tahun.

3. Tottenham Hotspur Stadium

Pada 2020, Tottenham Hotspur Stadium mendapatkan penghargaan stadion terbaik di dunia. Stadion ini adalah markas besar dari klub Liga Premier Tottenham Hotspur di London utara. Dengan kapasitas tempat duduk 62.850 orang, stadion ini merupakan adalah stadion sepak bola terbesar ketiga di Inggris dan lapangan klub terbesar di London.

Pembangunan stadion termasuk bagian dari Northumberland Development Project yang dimulai pada 2007. Stadion diresmikan pada 3 April 2019 dan digunakan sebagai arena olahraga dan pertunjukan.

Stadion ini menyediakan fasilitas terpisah untuk pemain sepak bola dan NFL, termasuk ruang ganti, fasilitas medis, restoran, kolam hidroterapi, area pemanasan, ruang tunggu pemain pra-pertandingan, serta ruang tunggu dan tempat penitipan anak untuk keluarga pemain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement