5 Burung Terbesar di Dunia dan Fakta Uniknya

Image title
28 Juli 2022, 09:27
Ilustrasi, burung unta, burung terbesar di dunia
Unsplash/Catherine Merlin
Ilustrasi, burung unta, burung terbesar di dunia

Burung adalah kelompok hewan vertebrata berdarah panas yang termasuk dalam kelas Aves. Ada banyak jenis burung di dunia. Penelitian yang dipimpin oleh American Museum of Natural History menunjukkan bahwa ada sekitar 18.000 spesies burung. Sementara total jumlah burung di dunia diperkirakan sekitar 50 hingga 430 miliar, menurut National Geographic.

Setiap jenis burung memiliki karakteristik dan ukuran yang berbeda. Burung terkecil di dunia adalah Kolibri Lebah atau Bee Hummingbird (Mellisuga helenae). Panjangnya sekitar 5 cm dengan berat sekitar 2 gram.

Adapun burung terbesar di dunia yaitu burung unta atau ostrich (Struthio camelus) dengan tinggi 2,1-2,7 meter, dan beratnya sekitar 99,7-159 kilogram. Selain burung unta, terdapat beberapa burung besar lainnya.

Simak pembahasan burung terbesar di dunia dan fakta uniknya berikut ini.

1. Burung Unta

Burung unta merupakan burung terbesar di dunia, menurut National Geographic. Burung ini memiliki nama ilmiah Struthio camelus, tingginya 2,1-2,7 meter, dan beratnya sekitar 99,7-159 kilogram.

Burung unta berasal dari Afrika dan menghasilkan telur terbesar dari semua hewan darat yang hidup. Burung ini tidak dapat terbang. Meski demikian, mereka adalah pelari yang kuat. Kecepatannya mencapai 70 kilometer per jam. Sayapnya dapat digunakan untuk berganti arah saat berlari.

Kaki burung unta yang panjang dapat melangkah sebesar 16-26 meter. Kaki tersebut juga dapat digunakan sebagai senjata untuk menyerang. Seekor burung unta dapat menendang dengan kekuatan sekitar 141 kg per sentimeter persegi.

Baik burung unta domestik maupun liar diketahui dapat menyerang manusia dengan perilaku agresifnya secara naluriah. Mereka dapat juga menyerang ketika melindungi anaknya atau mempertahankan wilayah.

Bahkan, dalam jurnal Annals of Medicine and Surgery disebutkan, saat burung unta menyerang seseorang, mereka menendang dengan kakinya yang kuat dan cakar panjang yang mampu mengeluarkan isi perut atau membunuh seseorang dalam satu hantaman.

2. Emu

Burung emu
Burung emu (Unsplash/Jeremy Bezanger)

Emu (Dromaius novaehollandiae) adalah burung terbesar kedua setelah burung unta. Spesies ini endemik di Australia dan dapat tumbuh hingga 1,75 meter. Emu memiliki bulu halus lembut dengan variasi warna abu-abu dan coklat, serta bulu hitam pada batang dan ujung bulu.

Emu memiliki dua set kelopak mata, satu untuk berkedip dan yang lainnya untuk mencegah debu masuk. Emu jantan memiliki berat 50 hingga 55 kilogram dan betina memiliki berat sekitar 5 kilogram lebih banyak daripada jantan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...