7 Tips Pilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis
Perubahan gaya hidup di masyarakat tak lepas dari pengaruh kemajuan teknologi yang semakin berkembang. Begitu pula dengan jasa pengiriman ikut terbawa dalam perubahan karakter masyarakat modern saat ini.
Salah satu yang paling menonjol adalah munculnya pola berbelanja online, sehingga kebutuhan terhadap jasa pengiriman bisnis menjadi semakin tinggi. Bahkan perusahaan pengiriman pun semakin memperbaiki pelayanannya melalui kemajuan teknologi.
Sekarang ini perusahaan pengiriman barang tidak lagi mengandalkan pemasaran offline di mana tempat secara fisik harus jelas. Kini para pemilik usaha wajib memiliki aplikasi tersendiri yang berfungsi untuk mempermudah jasa pengantaran barang.
Kebutuhan tersebut semakin meningkat ketika pandemi beberapa waktu lalu yang memaksa aktivitas pergerakan manusia dibatasi. Keadaan tersebut tentunya menjadikan perusahaan jasa pengiriman barang untuk bisnis semakin dibutuhkan.
Bahkan saat itu, untuk memenuhi kebutuhan berbelanja pun masyarakat telah menggunakan toko online. Alhasil frekuensi pengiriman barang selama pandemi meningkat 50 persen.
Meski demikian, perusahaan untuk pengiriman muatan besar memang tidak sebanyak seperti pengiriman dari belanja online. Karena itu dibutuhkan pengetahuan untuk memilih jasa ekspedisi yang baik untuk melancarkan bisnis.
Untuk memilih perusahaan jasa ekspedisi untuk bisnis memang tidak terlalu mudah. Sebab ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan agar tidak mengecewakan klien bisnis karena adanya kendala pengiriman barang.
Salah satu faktor penting dalam bisnis adalah memastikan barang yang dikirim sampai ditujuan tepat waktu. Karena itulah memilih perusahaan ekspedisi tidak bisa sembarangan. Karena Anda harus memilih perusahaan yang dapat memberikan kepuasan kepada Anda dan pelanggan.
Nah agar Anda tidak menyesal dalam menggunakan jasa pengiriman barang dalam bisnis, maka ada beberapa tips yang dapat diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan jasa pengiriman barang, di antaranya:
1. Pastikan mampu mengirim dengan tepat waktu
Hal paling utama dalam memilih jasa pengiriman barang adalah ketepatan waktu. Sebagai bahan pertimbangan maka Anda dapat melihat catatan jasa pengiriman, apakah bisa mengantarkan barang sesuai waktu yang dijanjikan.
Anda juga bisa bertanya kepada pembeli atau teman lain yang menggunakan jasa pengiriman tertentu. Selain itu, menemukan informasi tentang keluhan pelanggan di Internet dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan.
Ada beberapa alasan mengapa orang saat ini lebih suka berbelanja online, salah satunya karena kecepatan. Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk tidak menunda waktu pengepakan setelah menerima pesanan.
Selain itu, Anda juga perlu mengetahui batas waktu pengemasan dan pengiriman agar pesanan dapat diproses oleh pihak ekspedisi pada hari yang sama.
Misalnya, jika Anda mengatur waktu akhir menjadi pukul 15.00 WIB. Itu berarti pesanan yang diterima setelah waktu tersebut akan dikemas dan dikirim pada hari berikutnya. Informasi ini penting untuk membantu pembeli memperkirakan kapan mereka akan menerima barang.
2.Biaya pengiriman
Faktor harga harus dipertimbangkan karena dapat mempengaruhi keputusan pelanggan sebelum membeli produk Anda. Tidak jarang calon pelanggan mengurungkan niat membeli produk Anda karena faktor ongkos kirim yang terlalu mahal.
Untuk itu, disarankan agar Anda melakukan riset terkait dengan perusahaan pengiriman barang yang mana yang memberikan harga termurah. Meski demikian harga yang murah juga diikuti dengan kualitas pelayanan.
3. Keamanan barang tepercaya
Tidak cukup cepat. Pastikan jasa pengiriman yang Anda pilih juga mampu mengantarkan barang dengan aman. Karena tidak ada pelanggan yang mau menerima barang rusak, apapun alasannya.
Untuk itu, disarankan agar memilih operator yang memiliki pengalaman yang baik dan menawarkan asuransi penggantian jika terjadi kerusakan.
Tentunya Anda harus mengemas pesanannya terlebih dulu sebelum dikirimkan menggunakan perusahaan jasa pengiriman. Selain memastikan barang yang sesuai dengan pesanan, pengemasa pengemasan juga akan mempengaruhi kepuasan konsumen saat produk diterima nantinya.
Pastikan untuk mengemas barang sesuai dengan karakteristik produk yang dipesan. Misalnya, mengemas barang untuk pakaian dan tembikar sangat berbeda, bukan? Kamu dapat menggunakan kotak atau tas bermerek pada pakaian .
Namun, jika memilih metode pengemasan keramik tentu akan berbeda dalam pengemasannya. Agar barang tersebut tidak pecah atau rusak selama dalam pengiriman. Karena diperlukan jasa pengiriman barang yang memperhatikan terkait dengan pengemasan barang yang aman.
4. Pengiriman dapat dilacak secara real-time
Satu hal yang lucu tentang pelanggan adalah mereka tidak sabar untuk menerima barang yang mereka pesan. Mereka ingin tahu bagaimana proses pengiriman bekerja, di mana mereka tiba dan kapan mereka berharap untuk tiba.
Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk memilih jasa pengiriman yang memberikan informasi terkini tentang proses pengiriman barang sehingga pelanggan juga dapat melacak pesanannya.
5. Menyediakan paket pengiriman lengkap
Biasanya jasa pengiriman menawarkan beberapa paket pengiriman dengan durasi dan harga yang berbeda. Opsi-opsi ini memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menyesuaikan anggaran dan kebutuhan mereka.
Meskipun pelanggan biasanya memilih yang tercepat, ketersediaan opsi memberikan pengalaman berbelanja yang jauh lebih baik.
6. Resi pengiriman
Setelah barang masuk ke layanan pengiriman dan diproses untuk pengiriman, layanan pengiriman harus mengeluarkan nomor seri yang disebut nomor resi. Nah, agar bisnis Anda terlihat professional maka Anda bisa mengirimkan nomor resi yang didapat oleh perusahaan pengiriman kepada pelanggan.
Karena nomor resi dibutuhkan oleh pembeli untuk melacak status dan posisi pesanan. Jadi hati pembeli juga lebih tenang, karena bahkan bisa mengecek status kiriman barang, kan? Jadi pastikan driver tidak terlambat, atau lupa memberikan bukti nomor pengiriman kepada pembeli.
7. Hubungan perdagangan dan angkutan barang
Kelancaran bisnis tentu berhubungan dengan kemampuan pengiriman barang yang cepat, terpercaya dan aman. Sehingga jasa pengiriman memiliki hubungan simbiosis timbal balik terhadap pelaku bisnis, apalagi jika Anda memiliki toko online
Ketika Anda melakukan pemasaran secara online atau digital maka akan mempercepat jangkauan banyak pelanggan, sehingga layanan dalam pengiriman barang bisnis dalam muatan besar juga menjadi faktor yang utama.
Lantas apa manfaat yang dirasakan oleh pelanggan terkait hubungan jasa pengiriman denga pelaku bisnis? Di antaranya barang yang cepat sampai tujuan pelanggan. Kualitas barang yang dikirim harus terjaga dengan baik.
Pastikan tidak ada kerusakan pada saat pengiriman, bahkan ketika terjadi kerusakan maka ada asuransi penggantian yang diberikan.
Saat Anda mendapatkan hal tersebut dengan baik, maka pelanggan tidak akan ragu untuk memesan atau berbelanja kembali produk yang Anda jual dengan nyaman. Karena mereka percaya dengan pelayanan yang berkualitas.