Dukung UMKM Perempuan, Bukalapak Gelar Sesi Perempuan Jadi Pengusaha

Bukalapak mengadakan sesi edukasi “Perempuan Jadi Pengusaha” dengan mengundang bintang tamu Chef Putri Mumpuni sebagai bentuk inisiatif pemberdayaan pelaku UMKM perempuan.
Umar Qadafi
Oleh Umar Qadafi - Tim Publikasi Katadata
10 Oktober 2023, 23:25
Sesi edukasi \"Perempuan Jadi Pengusaha\" oleh Bukalapak untuk UMKM perempuan.
Dok. Bukalapak
Sesi edukasi \"Perempuan Jadi Pengusaha\" oleh Bukalapak untuk UMKM perempuan.

Sebagai perusahaan yang telah membawa dampak ke lebih dari 24 juta UMKM di ekosistem BUKA, Bukalapak berkomitmen untuk terus memperluas dampak ini ke lebih banyak pelaku bisnis di seluruh Indonesia, termasuk pelaku bisnis perempuan.

Di antara inisiatif pemberdayaan pelaku UMKM perempuan, Bukalapak menggelar “Perempuan Jadi Pengusaha: Ulik Resep Usaha Kuliner Vol. 2”, sebuah sesi edukasi dengan mengundang bintang tamu Chef Putri Mumpuni untuk berbagi resep mudah dan peluang membangun bisnis kuliner kepada seluruh peserta.

Berdasarkan data dari Global Entrepreneurship Monitor tahun 2022, dari total populasi 85 juta jiwa perempuan usia produktif di Indonesia, sebanyak 36 persen di antaranya memilih untuk menjadi pengusaha.

Terlebih, berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar 135 miliar dolar AS.

Natalia Firmansyah, CFO Bukalapak, mengatakan, pelatihan “Perempuan Jadi Pengusaha” adalah salah satu langkah nyata dari komitmen Bukalapak untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh seluruh pelaku UMKM perempuan.

“Bukalapak ingin memberikan kesempatan yang merata kepada perempuan untuk terus meningkatkan kemampuan berbisnisnya. Dengan begitu, perempuan bisa terus berpartisipasi dalam memajukan pertumbuhan ekonomi nasional.“ ujar Natalia Firmansyah.

Hal ini sejalan dengan data yang disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, bahwa kuliner merupakan sub sektor penyumbang terbesar dari Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif.

Subsektor kuliner menyumbang sekitar 41,69 persen dari total PDB ekonomi kreatif sebesar Rp852,24 triliun pada 2022.

Pada tahun yang sama, industri kuliner juga menjadi salah satu industri yang menyerap karyawan/pegawai paling banyak yakni sebesar 2,46 juta jiwa.

“Perempuan Jadi Pengusaha” merupakan satu dari berbagai program Bukalapak untuk memberdayakan para wanita Mitra Bukalapak & Pelapak, istri dari Mitra Bukalapak, dan wanita-wanita potensial lainnya dengan pelatihan kewirausahaan dan keterampilan yang dapat mereka terapkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis.

Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup. Hal ini juga merupakan salah satu strategi dan komitmen Bukalapak dalam bidang Social & Governance, yaitu untuk menghapus kemiskinan dengan meningkatkan pendapatan melalui kewirausahaan.

Program ini mendapat dukungan dari sejumlah instansi pemerintah, termasuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...