Cerita AgenBRILink Pasar Kramat Jati yang Selalu Ramai Pengunjung

Menjadi AgenBRILink bagi Hardiansah ternyata memberikan dampak yang cukup besar untuk para pelanggan yang rata-rata pedagang pasar dan masyarakat sekitar.
Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
8 Februari 2024, 17:35
Menjadi AgenBRILink bagi Hardiansah ternyata memberikan dampak yang cukup besar untuk para pelanggan yang rata-rata pedagang pasar dan masyarakat sekitar.
BRI
Button AI Summarize

Counter pulsa milik Hadriansah yang berupa sebuah lapak kecil di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur nyaris tak pernah sepi pengunjung. Lapak ini semula hanya fokus kepada jual beli pulsa dan voucher internet saja.

Sang pemilik counter pulsa melihat peluang bisnis lain yang bisa dikembangkan di lapak kecil miliknya tersebut, yaitu menjadi AgenBRILink. Praktik Laku Pandai ini menjembatani transaksi keuangan masyarakat.

Dari sanalah usaha pria berusia 28 tahun tersebut mulai berkembang dan banyak mendatangkan pelanggan. Hadriansah bercerita tentang awal mula dan suka duka dalam membangun usaha tersebut.

Pada awalnya, setelah lulus kuliah pada 2020, ia ikut kakaknya bekerja sebagai kuli bangunan. Namun, penghasilan yang tak menentu membuatnya mulai berpikir untuk mencari usaha lain.

Hadriansah sempat didesak keluarganya untuk melamar pekerjaan di tempat lain. Tapi, hati kecilnya diam-diam memimpikan bisa memiliki usaha sendiri. Kemudian muncul ide untuk membuka counter dan menjadi AgenBRILink.

“Akhirnya dengan sisa-sisa uang yang saya punya dari kuli bangunan itu, saya jadikan modal untuk bikin usaha counter dan jadi AgenBRILink. Saya pikir ini sesuai dengan passion saya dan mudah-mudahan memang di sini jalan saya,” imbuhnya dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (8/2).

Usaha Hadriansah berdiri pada Oktober 2022 dengan mengambil lapak di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Sejak awal mendirikan usaha ini, ia memang berniat mendaftar menjadi AgenBRILink. Beruntung, saat itu ada kunjungan survei dari pihak BRI ke Pasar Kramat Jati yang memuluskan jalan Hadriansah menjadi AgenBRILink.

Hadriansah menuturkan, setelah mendapatkan pelatihan barulah ia tahu seperti apa transaksi yang benar. Di dalam SOP maka agen harus menerima terlebih dulu uangnya. Kemudian, jumlahnya dihitung sudah sesuai atau belum, barulah melakukan transaksi.

“Dari sana, akhirnya saya bisa lebih berhati-hati lagi dalam operasional. Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan, sehingga usaha saya bisa berjalan dengan baik dan mencegah penipuan juga,” ucapnya.

Bantu Transaksi Pedagang Pasar

Menjadi AgenBRILink bagi Hardiansah ternyata memberikan dampak yang cukup besar untuk para pelanggan yang rata-rata pedagang pasar dan masyarakat sekitar. Terlebih, jam operasionalnya 24 jam sehingga bisa membantu siapa saja yang memiliki kebutuhan transaksi keuangan yang mendesak.

Hadriansah menjelaskan, transaksi yang paling sering adalah transfer, misalnya untuk keluarga di kampung. BRILink membantu masyarakat yang membutuhkan transaksi pada malam hari setelah bank tutup.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...