Cerita AgenBRILink Bantu Salurkan Pinjaman ke Petani di Desanya

Selain sebagai seorang pengusaha mikro dan AgenBRILink, Sarip juga menjadi mitra pembiayaan ultra mikro (UMi).
Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
10 Februari 2024, 11:59
Sarip adalah pemilik usaha bengkel Sumber Tani Motor, di Desa Cikuntul, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang juga sebagai AgenBRILink.
BRI
Sarip adalah pemilik usaha bengkel Sumber Tani Motor, di Desa Cikuntul, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang juga sebagai AgenBRILink.
Button AI Summarize

Menjalani profesi sebagai Agen Laku Pandai ‘AgenBRILink’ menjadi hal yang tidak disangka-sangka oleh Sarip Hidayat atau kerap disapa Sarip. 

Awalnya, ia sangat awam tentang transaksi perbankan dan berbagai manfaat yang bisa didapatkan hingga pada akhirnya, ia menjadi seorang AgenBRILink sukses di daerahnya.

Sarip adalah pemilik usaha bengkel bernama Sumber Tani Motor, yang berada di Desa Cikuntul, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Ia menceritakan bahwa awal membuka usahanya tersebut adalah karena hobi dan ketertarikannya terhadap otomotif.

“Saya menjadi AgenBRILink karena ditawari oleh salah satu mantri BRI di Desa kami. Dari situlah dijelaskan semuanya, termasuk fungsi dan keuntungan yang bisa diperoleh dari menjadi seorang AgenBRILink,” tutur Sarip dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/2).

Meski begitu, yang namanya membuka usaha di desa, adanya pasang surut pelanggan ditambah dengan minimnya modal tentu menjadi kendala yang sering ia hadapi. Terlebih lagi, Sarip juga membuka usaha bengkelnya tersebut di tahun 2021, dimana kasus pandemi COVID-19 masih sangat tinggi dan berdampak ke berbagai aspek ekonomi. 

Untungnya, setelah menjadi bagian dari AgenBRILink di tahun 2022, usaha bengkel yang dirintis oleh Sarip perlahan-lahan menunjukkan perkembangan yang signifikan dan para pelanggan pun turut bertambah setiap harinya.

“Dengan adanya AgenBRILink ini, ternyata juga membawakan dampak baik ke usaha bengkel saya. Para pelanggan jadi semakin bertambah dan ekonomi keluarga saya juga lebih sejahtera. Itulah mengapa, saya bertahan menjadi seorang AgenBRILink hingga saat ini,” ucapnya.

Sarip menjelaskan bahwa hadirnya AgenBRILink di desanya menjadi hal yang sangat disyukuri oleh masyarakat sekitar, terkhusus di lingkungan tempat tinggalnya. Sebab, mereka jadi lebih terbantu dalam proses bertransaksi untuk kebutuhan sehari-harinya.

“Adanya AgenBRILink ini sangat memudahkan para warga sekitar dalam bertransaksi, misalnya saja seperti membayar cicilan motor, transfer uang, dan lainnya,” jelas dirinya. 

Di lain sisi, Sarip juga mengungkapkan bahwa dalam sehari, ia bisa melayani hingga ratusan transaksi. Transaksi yang dilakukan ini kebanyakan meliputi tarik tunai, transfer, serta setor simpanan. 

Sarip pun menjelaskan bahwa setiap harinya jumlah transaksi bisa semakin bertambah, terutama pada saat musim panen padi tiba. 

Bantu Salurkan Pinjaman ke Para Petani 

Selain sebagai seorang pengusaha mikro dan AgenBRILink, Sarip juga membulatkan tekadnya untuk menjadi mitra pembiayaan ultra mikro (UMi). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...