IFFINA 2024 Dorong Peningkatan Target Penjualan Mebel ke Luar Negeri

Pelaksanaan pameran IFFINA 2024 tidak hanya bertujuan untuk menggairahkan kembali pasar ekspor mebel, tetapi juga memperkuat pasar lokal.
Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
28 September 2024, 09:00
mebel
Dok Asmindo
Button AI Summarize

ASMINDO sukses menyelenggarakan IFFINA 2024 (Indonesia  Mebel & Design Expo), pameran mebel dan kerajinan skala internasional pada 14–17 September 2024. 

Pameran ini terselenggara berkat dukungan berbagai lembaga pemerintahan yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi & UKM, dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Selain itu ada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM Pemprov DKI Jakarta, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Jawa Timur, Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta, Dinas Koperasi, Perindustrian & Perdagangan Kab. Situbondo, Bank BRI, dll. 

Dalam pidato sambutannya, Dedy Rochimat selaku Ketua Umum ASMINDO menyampaikan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) impor furnitur Indonesia terus meningkat mencapai US$780 juta pada 2023 lalu, naik 2,3% dari tahun 2022. 

Di sisi lain, ASMINDO mencatat terjadi penurunan konsumsi furnitur domestik menjadi Rp16 triliun pada 2023 atau turun 26% dari tahun sebelumnya. 

“Oleh sebab itu, pelaksanaan pameran IFFINA 2024 tidak hanya bertujuan untuk menggairahkan kembali pasar ekspor, tetapi juga memperkuat pasar lokal kita,” ujar Dedy dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9).

Dalam penyelenggaraan IFFINA 2024 ini, ASMINDO mendapatkan apresiasi yang  baik dari para pelaku industri mebel dan kerajinan maupun para buyer dari dalam dan luar negeri. 

Oleh karena itu, pameran ini diharapkan dapat meningkatkan potensi kenaikan ekspor Indonesia hingga akhir tahun sebesar 17%. Selain itu potensi market yang tergarap bisa mencapai US$165 juta. Adapun total jumlah pengunjung selama empat hari pelaksanaan pameran adalah 8.294 orang yang berasal dari 34 negara. 

Pelaksanaan IFFINA tahun ini menempati cakupan area seluas 18.000 meter persegi. Gelaran ini menjadi showcase bagi produk-produk mebel dan kerajinan dalam negeri dan kolaborasi apik antara IFFINA dengan interzum, brand pameran Koelnmesse, yang fokus pada inovasi terkini dari produk furnitur dan desain interior. 

Mathias Kuepper, Managing  Director & VP Asia-Pacific Koelnmesse menyampaikan, kolaborasi ini akan mendorong tumbuhnya  peluang bisnis baru yang memperkuat industri furnitur di kawasan Asia Tenggara. 

Adapun berbagai program pendukung yang tidak kalah menarik juga disajikan dalam  rangkaian pelaksanaan IFFINA 2024. Berbagai kegiatan seperti workshop maupun  talkshow dengan beragam tema seputar industri furnitur dan desain turut diramaikan  oleh peserta dan pengunjung pameran.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...