Kaya di Kalimantan, Miskin di Papua

Image title
Oleh
14 Oktober 2014, 19:00

KATADATA ?  Tingkat kemiskinan antar pulau di Indonesia mengalami ketimpangan yang sangat tinggi. Menurut data publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan tertinggi ada di provinsi Maluku & Papua yang mencapai 21 persen dan terendah di provinsi Kalimantan sebesar 6 persen.

Seperti dikutip dari BPS, mereka yang masuk kategori miskin ini adalah penduduk dengan tingkat pengeluaran per bulan sebesar Rp 233 ribu. Data yang dipublikasikan per Maret 2014 menyebut jumlah penduduk miskin ini mencapai 28 juta orang (rata-rata kemiskinan nasional 11 persen). Angka ini sudah lebih kecil dibandingkan tahun 70-an yang mencapai 70 juta orang dengan rasio 60 persen.

Dengan ketimpangan yang besar seperti ini, kondisi Indonesia rentan konflik dalam menghadapi tekanan ekonomi dari dalam dan luar negeri.Pemerataan perlu dilakukan guna menghilangkan ketimpangan nasional yang tinggi. Sebagai contoh untuk daerah miskin, jumlah anak yang terdaftar sekolah sampai SMA hanya 18 persen atau lebih rendah di banding kota Jakarta yang mencapai 79 persen.

Reporter: Muhammad Kahfi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami