9 Maskapai Indonesia di Jajaran Terburuk Dunia

Adek Media Roza
8 Januari 2016, 20:24

KATADATA - Peringkat keamanan penerbangan yang dilansir airlineratings.com (5/1) menempatkan sembilan maskapai Indonesia dalam kelompok sepuluh penyedia jasa penerbangan paling mengerikan di dunia sepanjang 2015. Hasil survei yang kemudian menjadi acuan pemberitaan media internasional dan lokal ini memperburuk citra penerbangan nasional.

Kementerian Perhubungan beserta asosiasi maskapai yang dicap buruk itu mempertanyakan metodologi dan kriteria penilaian Airlineratings. “Harus ada kriteria yang jelas dan metodologi yang bisa dipertanggungjawabkan,” kata Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia. President dan CEO Citilink, Albert Burhan mengatakan, penilaian terhadap maskapai merupakan hal yang wajar, tapi harus dilakukan secara objektif dan terbuka.

Hasil survei tersebut juga sangat berbeda dengan versi World Airline Award 2015 yang diumumkan SKYTRAX—konsultan penerbangan Inggris—pertengahan tahun lalu, yang hanya menempatkan Lion Air di peringkat sembilan maskapai terburuk. Survei tahunan tersebut di tujukan pada pengguna jasa penerbangan di seluruh dunia, dengan kriteria kualitas bandara, produk yang digunakan di dalam pesawat, dan kualitas pelayanan awak kabin.

Reporter: Aliefaini Pryanisa
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami