Wabah Difteri Serang 11 Provinsi

Oleh Mirina Octavia, 12/12/2017, 17.16 WIB

Difteri merebak di Pulau Jawa dengan waktu yang sangat singkat.

Unduh Infografik
Share

Pemerintah mengumumkan Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri di 11 provinsi. Dalam catatan Kementerian Kesehatan, terdapat 613 kasus dengan jumlah kematian 32 jiwa yang terjadi sepanjang 2017. Pemerintah pun menggelar imunisasi gratis hingga tiga putaran di daerah paling rawan di Pulau Jawa. Daerah tersebut yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Sedangkan Jatim sudah pernah melaksanakan program ini sebelumnya.

Difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphteriae dan menyebabkan kematian terutama pada anak-anak. Difteri memiliki masa inkubasi dua hingga lima hari dan akan menular selama dua hingga empat minggu melalui bersin, batuk, barang yang disentuh, dan kulit yang terbuka (luka).

Gejala awal difteri biasanya diawali demam, nafsu makan menurun, nyeri menelan, dan nyeri pada tenggorokan. Namun, memiliki tanda khas berupa selaput putih keabu-abuan di tenggorokan.

Jika mendapati pasien terduga difteri, perlu segera dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan khusus. Meski demikian, ada satu cara ampuh untuk mencegahnya yaitu imunisasi berkala dengan lengkap dan tuntas.