Kesetaraan Gender, Indonesia Masuk 10 Besar di Asia

Oleh Tim Publikasi Katadata, 12/9/2018, 15.12 WIB

Berdasarkan The Global Gender Gap Index pada 2017, Indonesia berada di peringkat 9 sebagai negara dengan skor kesetaraan gender tertinggi di Asia.

Unduh Infografik
Share

Berdasarkan The Global Gender Gap Index pada 2017, Indonesia berada di peringkat 9 sebagai negara dengan skor kesetaraan gender tertinggi di Asia, berada satu peringkat di atas Kamboja yang menempati posisi ke 10.

Dari peringkat 10 besar di Asia, negara dengan tingkat kesetaraan tertinggi pada bidang partisipasi dan kesempatan ekonomi dipegang oleh Mongolia dengan skor 0.776 di atas skor rata-rata global sebesar 0.585.

Dalam bidang pendidikan skor sempurna didapatkan oleh Filipina, yang menunjukkan sudah tidak adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki dalam mengakses pendidikan tertinggi, sedangkan skor rata-rata global untuk indikator ini sebesar 0.953.

Untuk indikator kesehatan dan bertahan hidup, skor tertinggi didapatkan oleh Mongolia dan Kamboja sebesar 0.980, dengan skor rata-rata global 0.956. Sedangkan untuk pemberdayaan politik dipegang oleh Bangladesh dengan skor 0.493 di atas skor rata-rata 0.227.

Adapun, Indonesia mendapati skor di atas rata-rata global untuk indikator partisipasi dan kesempatan ekonomi, jenjang pendidikan tertinggi, serta kesehatan dan bertahan hidup. Sayangnya, untuk pemberdayaan politik hanya mendapatkan skor 0.193 di bawah rata-rata global sebesar 0.227.

 

This article was produced in partnership with Investing in Women, an initiative of the Australian Government that promotes women’s economic empowerment in South East Asia.