6 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Paling Didominasi Laki-laki

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 September 2018, 11:27

Meskipun perempuan merajai tenaga kerja di sektor ekonomi kreatif (ekraf) secara umum, ternyata hal itu tidak tercermin dalam masing-masing subsektor ekraf. Perempuan tercatat hanya mendominasi pada dua subsektor dari total 16 subsektor ekraf, sedangkan sisanya masih didominasi oleh laki-laki.

Berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif, pada 2016 pengusaha perempuan mendominasi di subsektor kuliner dengan proporsi sebesar 58,68%, dan subsektor fashion dengan jumlah sebesar 54,25%. Sayangnya, dominasi tersebut tidak terlalu signifikan, berbeda dengan subsektor lain yang mencatatkan jumlah partisipasi perempuan di bawah 10%.

Adapun, subsektor ekraf yang paling didominasi laki-laki adalah arsitektur dengan jumlah proporsi laki-laki sebesar 92,39%, desain komunikasi visual sebesar 92,05%, fotografi sebanyak 91,77%, serta subsektor film, animasi dan video dengan proporsi laki-laki sebanyak 90,78%.

This article was produced in partnership with Investing in Women, an initiative of the Australian Government that promotes women’s economic empowerment in South East Asia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami