BUMDes Meningkatkan Pendapatan Asli Desa

Tim Publikasi Katadata

Rabu 5/12/2018, 16.49 WIB

Kemajuan BUMDes berkontribusi terhadap peningkatan PADes.

BUMDes Meningkatkan Pendapatan Asli Desa

Jumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) meningkat signifikan dalam lima tahun terakhir. Kenaikan tertinggi terjadi pada 2015 ketika dana desa pertama kali digulirkan. Saat itu jumlah BUMDes naik 1.068,8 persen dibandingkan 2014.

Keberadaan BUMDes memainkan peran penting terhadap pendapatan asli desa (PADes). Hal tersebut tentunya berhubungan dengan besarnya omset dari kegiatan bisnis yang dijalankan. Berdasarkan catatan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, lima BUMDes yang memiliki omset terbesar pada 2017 antara lain BUMDes Bangun Jaya, BUMDes Karang Kandri Sejahtera, BUMDes Mandala Giri Amerta, BUMDes Tirtonirmolo, dan BUMDes Tirta Mandiri.

Di urutan pertama, ada Tirta Mandiri yang mencetak omset Rp 12 miliar. BUMDes yang memiliki program unggulan wisata Umbul Ponggok ini sudah tiga tahun berturut-turut sejak 2015 menasbihkan diri sebagai BUMDes dengan omset terbesar. Adapun dari lima BUMDes penghasil omset besar, tiga di antaranya memiliki program usaha simpan pinjam.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Anwar Sanusi, keuntungan dari usaha simpan pinjam bisa dimanfaatkan untuk membuka unit usaha baru. Tentunya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan potensi desa.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha