Komoditas Pangan untuk Membangun Desa Tertinggal

Tim Publikasi Katadata

Rabu 5/12/2018, 16.58 WIB

Pengembangan komoditas pangan menjadi harapan bagi desa-desa tertinggal untuk keluar dari lingkaran kemiskinan.

Komoditas Pangan Untuk Membangun Desa Tertinggal

Pengembangan komoditas pangan seperti jagung, gula, dan beras digalakkan dalam upaya pembangunan desa. Langkah tersebut menjadi harapan bagi desa-desa tertinggal untuk keluar dari lingkaran kemiskinan.

Di wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara, misalnya, memiliki potensi komoditas pangan unggulan berupa jagung. Produksinya ditaksir bisa mencapai 100 ribu ton. Begitupun di wilayah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, yang digadang mampu memproduksi lebih dari 500 ribu ton tebu.

Optimalisasi potensi tersebut antara lain melalui program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades). Desa juga didorong untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak swasta. Bahkan, kemitraan yang terjalin lebih dari 300 kerja sama dengan nilai investasi mencapai Rp 47 triliun.

Pengembangan komoditas pangan merupakan bagian dari upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Sejak 2014, IPM di daerah tertinggal telah meningkat dari 59,2 menjadi 61,2 pada 2017.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha