Memberdayakan Masyarakat Melalui Swakelola Desa

Tim Publikasi Katadata

Rabu 5/12/2018, 16.55 WIB

Swakelola desa menyerap tenaga kerja dan material lokal.

Memberdayakan Masyarakat Melalui Swakelola Desa

Pemerintah berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sehingga daya beli masyarakat bisa meningkat. Salah satu caranya dengan mendorong pembangunan desa secara swakelola melalui pemanfaatan tenaga kerja dan material lokal.

Upaya tersebut diwujudkan dalam program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang dimulai sejak 2018. Dana yang digunakan berasal dari 30 persen alokasi dana desa.

Sampai November 2018 sudah terlaksana 230.318 kegiatan dengan serapan dana sebesar Rp 20,12 triliun. Kegiatan swakelola desa telah menyerap 6,5 juta pekerja yang berasal dari beragam latar belakang sosial. Rinciannya adalah 2,8 juta jiwa dari rumah tangga miskin, 1,2 juta jiwa dari setengah pengangguran, 1,2 juta jiwa pengangguran, dan 1,3 juta jiwa dari kondisi sosial lainnya.

Serapan tenaga kerja tersebut meningkatkan jumlah pendapatan masyarakat desa dan turut mendukung upaya menurunkan tingkat pengangguran terbuka. Berdasarkan data Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, tingkat kemiskinan perdesaan menurun dari 14,1 persen pada Maret 2017 menjadi 13,9 persen pada periode yang sama 2018.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha