Mewujudkan Indonesia Sentris Melalui Transmigrasi

Tim Publikasi Katadata

Rabu 5/12/2018, 17.05 WIB

Transmigrasi dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan.

Mewujudkan Indonesia Senteris Lewat Transmigrasi

Transmigrasi dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat pembangunan, terutama di kawasan yang masih terisolasi atau tertinggal. Program ini turut melahirkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa.
Selama periode 2015 sampai 2018, Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi telah memfasilitasi 11.805 kepala keluarga (KK) untuk melakukan transmigrasi. Pada periode yang sama Kementerian Desa, telah merealisasikan anggaran sebesar Rp 2,2 triliun.

Melalui program tersebut, Kementerian Desa berkontribusi dalam melakukan pemerataan, membuka keterisolasian daerah, dan membuka lapangan kerja baru di daerah. Bisa terlihat dari pembangunan 3.608 sentra perumahan transmigrasi di 21 provinsi yang meliputi 104 kabupaten/kota dan 1.183 desa di seluruh Indonesia.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha