Minim Riset, Perguruan Tinggi Indonesia Kalah Bersaing di Level Dunia

Oleh Yosepha Pusparisa, 4/7/2019, 09.00 WIB

Sembilan perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam 1.000 universitas terbaik dunia. Namun tak ada satu pun universitas yang masuk dalam 100 besar.

Minim Riset, Perguruan Tinggi Indonesia Tertinggal
Unduh Infografik
Share

Sembilan perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam 1.000 universitas terbaik dunia. Namun tak ada satu pun universitas yang masuk dalam 100 besar. Dalam daftar QS, posisi tertinggi ditempati Universitas Indonesia di peringkat 296, diikuti Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung masing-masing di posisi 320 dan 331.

Rendahnya peringkat perguruan tinggi Indonesia lantaran skor rendah. Dua indikator terendah adalah jumlah sitasi paper dalam lima tahun yang bersumber dari Scopus dan proporsi mahasiswa internasional. Masing-masing dengan skor 2,4 dan 3,0. Skor ini berbanding terbalik dengan rata-rata skor 10 universitas terbaik dunia, yakni 88,3 dan 84,6.

Persoalan mutu universitas di Indonesia telah menjadi masalah yang tak kunjung usai. Di antaranya persoalan belum adanya kolaborasi antar-sektor keilmuan dan rendahnya anggaran riset.