Infografik: Investor Ingin Usia Tim Ekonomi 40-50 Tahun

Oleh Tim Publikasi Katadata, 18/10/2019, 20.48 WIB

Survei KICI di kuartal III 2019 menunjukkan 62% investor menilai usia ideal menteri di tim ekonomi Kabinet Kerja Jilid II adalah 41-50 Tahun.

Unduh Infografik
Share

Sebagian besar investor institusi, yaitu sekitar 62% menilai tim ekonomi yang ideal di Kabinet Indonesia Kerja Jilid II sebaiknya berasal dari usia 41-50 tahun. Harapan ini tergambar dalam survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) yang dilakukan terhadap 272 responden dari investor Manajemen Investasi, Dana Pensiun dan Asuransi yang berinvestasi di pasar keuangan.

“Harapan agar Menteri Jokowi-Maruf Amin berusia di bawah usia 50 tahun kemungkinan disebabkan pandangan bahwa orang yang berusia lebih muda bisa cepat adaptasi dengan situasi yang kurang kondusif saat ini, termasuk situasi ekonomi global,” ungkap Wahyu Prasetyawan, Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC).

Sedangkan untuk komposisi jenis kelamin, 40% responden berharap imbang antara perempuan dan laki-laki. Sementara 30% investor yang disurvei menyatakan jenis kelamin tidak menjadi pertimbangan.