Perempuan Indonesia Merajai Ekonomi Kreatif
Tenaga kerja perempuan Indonesia tercatat terus mendominasi di bidang ekonomi kreatif. Sejak 2011 hingga 2016, proporsi tenaga kerja perempuan terhadap laki-laki terus meningkat.
Pada 2011, sebanyak 7,03 juta perempuan terjun aktif dalam ekonomi kreatif Indonesia, jumlah tersebut sekitar 52,33% dari total tenaga kerja di ekonomi kreatif, sedangkan laki-laki tercatat sebanyak 6,41 juta jiwa atau sekitar 47,67%.
Sementara itu, pada 2016, jumlah tenaga kerja perempuan meningkat hingga 9,42 juta jiwa, atau sekitar 55,74%, sedangkan laki-laki sebanyak 7,48 jiwa atau 44,26%.
Kontribusi ekonomi kreatif terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia juga tercatat terus bertumbuh. Mulai dari Rp 581,54 triliun pada 2011, hingga diproyeksikan menyentuh lebih dari Rp 1.000 triliun pada 2017.
This article was produced in partnership with Investing in Women, an initiative of the Australian Government that promotes women’s economic empowerment in South East Asia.