Membangun Indonesia Melalui Bisnis Berkelanjutan
Indonesia memiliki visi untuk menjadi negara maju pada 2045 mendatang. Untuk mewujudkan visi tersebut, Indonesia perlu membangun industri berkelanjutan yang berorientasi pada Sustainable Development Goals (SDGs).
Kini, bisnis berkelanjutan menjadi tren baru di masyarakat. Di antaranya terlihat dari konsumen yang mulai sadar produk ramah lingkungan. Menurut riset Kantar pada 2020, sebanyak 67 persen konsumen memilih produk eco-friendly, sementara 60 persen konsumen membeli barang dari perusahaan eco-friendly.
B Corp sebagai lembaga sertifikasi dengan visi memberikan dampak positif di seluruh rantai operasional, menginspirasi perusahaan untuk menerapkan bisnis berkelanjutan. Ditambah, penilaian B Corp terhdapa perusahaan anggotanya pun selaras dengan agenda SDGs.
Adapun praktik sesuai agenda SDGs meliputi efisiensi konservasi air dan energi, meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT), serta meningkatkan produktivitas ekonomi melalui diversifikasi inovasi dan teknologi. Selain itu, efisiensi sumber daya dan proses industri ramah lingkungan, pengelolaan bahan kimia dan limbah, serta perencanaan dan manajemen perubahan iklim efektif turut menjadi perhatian B Corp.