Percaya Boleh, Tapi Sikap Kritis kepada Media Jangan Kendor
Tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap media sangat tinggi. Berdasarkan laporan Edelman Trust Barometer Global pada 2022, Indonesia berada di peringkat kedua tertinggi di dunia dengan negara yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap media dengan nilai 73.
Di peringkat pertama terdapat Tiongkok dengan nilai 80. Setelah Indonesia, terdapat India dan Thailand dengan nilai 66, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dengan nilai 64, Malaysia dengan nilai 60, Singapura dengan nilai 59, Belanda dengan nilai 58, dan Kenya dengan nilai 57.
Meski begitu, masyarakat tetap perlu memiliki sikap kritis kepada media dalam menerima informasi yang datang. Hal ini penting dilakukan agar masyarakat terhindar dari berita bohong atau hoaks. Caranya, bisa dengan memberikan waktu sejenak untuk menelaah kebenaran informasi, lalu memeriksa penulis serta rekam jejaknya dalam dunia penulisan.
Tak hanya itu, pembaca juga perlu memvalidasi sumber dan kesesuaian isi berita dengan judulnya. Terakhir, bandingan dengan pemberitaan lain lalu verifikasi apakah pemberitaannya sesuai dengan yang lainnya.