Popularitas Honda: Dari Acara Anak Muda Sampai Film Laga

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Publikasi Katadata
27 Oktober 2023, 12:33

Berdasarkan data Statista pada 2022 diketahui, Honda Beat adalah sepeda motor terpopuler di Indonesia dengan skor 31,1 persen. Popularitas Beat diikuti produk Honda lain, yaitu Vario (17,2 persen), Scoopy (8,9 persen) dan Supra X (4,4 persen).

Popularitas berbagai lini produk Honda tersebut semakin terdongkrak berkat keterlibatan jenama otomotif ini di dalam berbagai event. Apalagi jika kegiatan yang digeluti terkait dengan generasi muda.

Beberapa acara, misalnya Astra Honda Motor Best Students, Honda Dream Cup, Honda Developmental Basketball League, Honda Bikers Day, dan Vokasi Satu Hati.

AHM Best Student merupakan kompetisi inovasi yang diikuti oleh pelajar tingkat SMA. Di dalam kompetisi ini, peserta diharuskan menunjukkan gagasan kreatif berupa prototip produk yang belum pernah dijual atau diproduksi massal.

Penilaian terhadap produk tersebut didasarkan kepada kemudahan penerapan dan hasil akhir yang bermanfaat. Untuk segmen SMK, kompetisi serupa diwadahi melalui kegiatan Vokasi Satu Hati.

Ada pula, Honda Dream Cup. Ajang kompetisi balap motor ini sekaligus menjadi wadah perkumpulan para pecinta motor dan olahraga balap.

Perkumpulan serupa juga diwadahi melalui Honda Bikers Day. Tapi, di dalam acara ini tak disertakan format kompetisi.

Sementara itu, untuk segmen olahraga lain, yakni basket, Honda mewadahi melalui acara Honda Developmental Basketball League. Kompetisi ini mempertemukan para peserta pelajar tingkat SMP dan SMA.

Pamor Honda yang terus melejit membuat kendaraan bermotor roda dua ini dipercaya untuk tampil di dalam berbagai film. Beberapa contoh film, yaitu James Bond, Mission Impossible, dan serial Kamen Rider.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami